PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PPKn MELALUI GAME EDUKATIF TEKA-TEKI SILANG BERBASIS POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 SAMBIREJO
Luthfi Adi Pradana, 3301416071 (2023) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PPKn MELALUI GAME EDUKATIF TEKA-TEKI SILANG BERBASIS POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 SAMBIREJO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Media Pembelajaran yang tepat sebagai alat bantu pembelajaran diharapkan mampu membantu mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah mengetahui adanya pengaruh media pembelajaran game edukatif Teka-teki Silang berbasis powerpoint pada mata pelajaran PPKN terhadap hasil belajar siswa kelas 8 SMP Negeri 2 Sambirejo. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru PPKn di SMPN 2 Sambirejo menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas 8 rata rata masih dibawah KKM yaitu 55,20. Hasil tersebut diperkuat dengan informasi dari wali kelas secara mendalam dilihat dari rata rata kelasnya. Kecenderungan peserta didik menyukai aktivitas yang dinamis seperti pada saat bermain gim. Untuk itu proses pembelajaran baiknya menggunakan media yang digunakan untuk menarik perhatian peserta didik. Salah satu media yang dapat digunakan yaitu Game Edukatif Teka-Teki Silang PPKn untuk meningkatan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya Penggunaan Media Pembelajaran PPKn Melalui Game Edukatif Teka Teki Silang Berbasis Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 2 Sambirejo Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. desain yang digunakan adalah two group pretest posttest design Desain ini digunakan untuk membandingkan seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Analisis validitas yang digunakan pada penelitian ini korelasi produk moment. Hasil penelitian kondisi pretest kelompok kontrol dan eksperimen sebesar 74,90 dan 75,70. Setelah diberikan treatment berupa game edukatif teka-teki silang berbasis powerpoint hasil kondisi post-test kelompok kontrol dan eksperimen sebesar 74,93 dan 77,30. Atau jika dilihat dari taraf signifikasnsinya sebesar 0.019 Dikarenakan 0.019 lebih kecil dari 0.05 maka dapat diambil kesimpulan bahwa pemberian tindakan berupa teka-teki silang berbasis powerpoint dapat dikatakan signifikan meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PPKn Pada siswa kelas 8B walaupun hanya terpaut 0.031 poin saja.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Game Edukatif, Hasil Belajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 07:17 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 07:17 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66078 |
Actions (login required)
View Item |