PENGARUH KUALITAS PRODUK, BRAND AMBASSADOR DAN KOREAN WAVE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SAMSUNG DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Smartphone Samsung A Series di Kota Semarang)


YAYANG DEDE SUNRISA, 7311418105 (2023) PENGARUH KUALITAS PRODUK, BRAND AMBASSADOR DAN KOREAN WAVE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SAMSUNG DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Smartphone Samsung A Series di Kota Semarang). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7311418105_Aquinas Constantin.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Industri telekomunikasi di Indonesia mengalami peningkatan. Pertumbuhan ini diakibatkan munculnya smartphone sebagai alat komunikasi yang canggih. Hal ini juga berakibat pada bisnis smartphone. Salah satu brand yang sangat diminati adalah Samsung. Berdasarkan dari data website IDC, smartphone Samsung mengalami penurunan masrketshare pada setiap tahunnya, hal ini juga diikuti Top Brand Indeks. Peneliti bermaksud menguji pengaruh kualitas produk, Brand ambassador dan Korean wave . Kemudian, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengaruh variabel minat beli dalam memediasi variabel kualitas produk, Brand ambassador, dan Korean wave terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Samsung di Kota Semarang, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 107 responden. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Partial Least Squares – Structural Equation modeling (PLS�SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk dan Brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Korean wave berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Minat beli mampu memediasi kualitas produk dan Brand ambassador menjadi hubungan yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Minat beli tidak mampu memediasi Korean wave terhadap keputusan pembelian. Saran untuk perusahaan Samsung untuk dapat mengoptimalkan popularitas, daya tarik dan kredibilitas Brand ambassador untuk meningkatakn minat beli konsumen. Perusahaan Samsung juga dapat mempromosikan produknya dengan memanfaatkan Korean wave . Peneliti juga menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk menambah variabel lain seperti celebrity endorsmen dan diskon yang bisa digunakan untuk mempengaruhi keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Dec 2024 07:09
Last Modified: 02 Dec 2024 07:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66072

Actions (login required)

View Item View Item