KETERKAITAN DAYA TARIK DENGAN PERKEMBANGAN PASAR TIBAN JALAN LINGKAR SELATAN (JLS) KOTA SALATIGA
Anif Anisa, 3211418077 (2023) KETERKAITAN DAYA TARIK DENGAN PERKEMBANGAN PASAR TIBAN JALAN LINGKAR SELATAN (JLS) KOTA SALATIGA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pertambahan penduduk mendorong untuk terjadinya pertambahan pedagang setiap tahunnya, namun tidak diiringi dengan jumlah dan luas pasar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui daya tarik yang ada di Pasar Tiban Jalan Lingkar Selatan Kota Salatiga. 2) Menganalisis perkembangan Pasar Tiban Jalan Lingkar Selatan Kota Salatiga. 3) Menganalisis keterkaitan daya tarik dan perkembangan Pasar Tiban Jalan Lingkar Selatan Kota Salatiga Penelitian berlokasi di Pasar Tiban Jalan Lingkar Selatan yang ada di Kelurahan Pulutan, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga. Populasi yang digunakan adalah jumlah pedagang 331 orang dan pengunjung 1.950 orang dan pengelola Pasar Tiban 58 orang. Sampel pertama pedagang penentuan sampel menggunakan rumus slovin sejumlah 77 pedagang metode purposive sampling. Sampel pengunjung menggunakan teknik accidental sampling sebanyak 77 orang dan seorang pengelola menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data primer dari pengelola pasar, sumber data sekunder dari websed resmi Kota Salatiga. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan tabel silang. Hasil Penelitian menunjukan pada penelitian ini daya tarik terbagi menjadi menjadi tiga yaitu daya tarik (attraction), aksesibilitas (accessibility), fasilitas (amenities). Dengan hasil pada daya tarik (attraction), dengan daya tarik keberagaman dan kualitas jenis barang dan pemandangan yang disajikan. Kemudian aksesibilitas (accessibility) pasar tiban memiliki letak yang strategis karena berada di Jalan Lingkar Selatan Kota Salatiga. Terakhir untuk fasilitas, ketersedian lahan parkir cukup memadai namun untuk ketersedian tempat sampah masih kurang. Analisis perkembangan Pasar Tiban terbagi menjadi tiga, jumlah pedagang, jenis barang dagangan dan luas area. Jumlah pedagang mengalami perkembangan pesat yang awalnya 7 pedagang (2012) menjadi 695 pedagang (2022) dengan berbagai barang dagangan yang dijajakan kepada pengunjung serta luas area pasar yang meningkat untuk memenuhi kebutuhan akan lapak pedagang. Panjang bahu jalan yang awalnya hanya berpusat di sekitar seberang tengah konservasi, menjadi 1,7 km (2017) dan 2,8 km (2022) dike dua sisi bahu jalan. Daya Tarik mempengaruhi minat masyarakat untuk berkunjung ke pasar tiban. Saran pada penelitian ini adalah dapat diperimbangkan terkait daya tarik yang ada di pasar tiban perlu adanya peningkatan dan perawatan. Pedagang memberikan keterangan harga untuk menambah daya tarik pengunjung Pasar Tiban. Penambahan fasilitas seperti, keran cuci tangan, wc umum portable, mushola, dan alat untuk pencegah kebakaran. Kebersihan dari Pasar Tiban dengan pengunjung Pasar Tiban agar tidak membuang sampah sembarang. Perekembangan Pasar Tiban juga perlu dipantau, pencegahan pedagang sebaiknya mengikuti arahan penelola.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Daya Tarik, Perkebangan, Pasar Tiban |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Geografi, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 06:54 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 06:54 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66061 |
Actions (login required)
View Item |