EFEKTIVITAS MODEL MAKE A MATCH BERMEDIA KARTU DOMINO GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Muhammad Hammam Miftakhudin, 4001418017 (2023) EFEKTIVITAS MODEL MAKE A MATCH BERMEDIA KARTU DOMINO GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Hasil observasi di SMP NU 01 Hasyi Asy’ari Tarub. Rata-rata nilai hasil Penilaian Akhir Semester I Tahun Ajaran 2021/2022 pelajaran IPA adalah 58 dari KKM 72 pada kelas VII. Nilai afektif siswa kurang baik dan nilai keterampilan siswa rata-rata 67 dari KKM 75. Menunjukkan hasil belajar IPA di SMP tersebut masih kurang maksimal. Penyebabnya karena kurangnya fokus siswa dalam belajar. Kurang menerapkan pembelajaran yang membuat siswa menyukainya. Kurangnya kegiatan seperti kegiatan permainan atau model pembelajaran yang interaktif. Hanya mengandalkan buku Lembar Kerja Siswa (LKS) sehingga siswa merasa bosan dan jenuh. Siswa di sekolah tersebut menjadi cenderung kurang aktif karena kurangnya interaktif pada pembelajaran. Sehingga siswa di kelas kurang aktif dan sfot skill siswa seperti presentasi kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Model Make A Match dengan menggunakan media Kartu domino dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar dalam penelitian ini berupa kognitif, afektif dan psikomotorik. Penelitian ini menggunakan rancangan pretest posttest control group design. Hasil belajar kognitif dari penerapan Model Make A Match bermedia kartu domino adalah efektif dilihat dari hasil Uji N-gain 0,717827627 dengan kriteria tinggi. Dan terjadi perbedaan peningkatan yang signifikan dari hasil uji hipotesis dengan Uji t. Dimana hasil thitung > ttabel (thitung 7,3545 > ttabel 1,67155). Kemudian hasil dari observasi afektif dan psikomotorik terjadi peningkatan antara prapenelitian (sebelum perlakuan) dengan setelah penelitian (setelah diberi perlakuan). Ditandai dengan presentase hasil observasi yang meningkat dari sebelum perlakuan dan setelah diberi perlakuan Model Make A Match bermedia kartu domino. Penerapan Model Make A Match bermedia kartu domino juga berpengaruh terhadap skor perkembangan siswa. Skor akhir (posttest) siswa mengalami perkembangan dari skor awal (pretest) siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Make A Match, Kartu Domino, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 03:52 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 03:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66038 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |