PENGARUH PRODUCT INNOVATION DAN EXPERIENTAL MARKETING TERHADAP CUSTOMER LOYALTY MELALUI CUSTOMER SATISFACTION PENGGUNA SMARTPHONE ADVAN DI KOTA SEMARANG
Ellyke Anggitasari, 7311415050 (2023) PENGARUH PRODUCT INNOVATION DAN EXPERIENTAL MARKETING TERHADAP CUSTOMER LOYALTY MELALUI CUSTOMER SATISFACTION PENGGUNA SMARTPHONE ADVAN DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi sekarang ini sangat cepat dan meningkat yang membuat perusahaan telekomunikasi berlomba-lomba menciptakan teknologi baru pada smartphone sesuai kebutuhan pelanggan. Maka dari itu perusahaan harus mampu meciptakan product innovation dan memberikan experiental marketing agar terkesan bagi pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh product innovation dan experiental marketing terhadap customer loyalty melalui customer satisfaction. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Smartphone Advan di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, sampel yang dapat diambil dengan rumes iterasi. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan program IBM SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa product innovation dan experiental marketing berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap customer loyalty. Hasil analisis jalur (path analysis) menyatakan bahwa customer satisfaction dapat memediasi product innovation dan experiental marketing terhadap customer loyalty. Simpulan dari penelitian ini terbukti bahwa product innovation dan experiental marketing berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap customer loyalty. Customer satisfaction memiliki peran sebagai variabel intervening antara product innovation dan experiental marketing terhadap customer loyalty. Saran bagi perusahaan mengingat semakin berkembangnya teknologi yang semakin pesat, diharapkan dapat membuat inovasi produk sesuai kebutuhan pelanggan dan mampu meningkatkan pengalaman yang didapatkan pelanggan mengenai produk mereka. Bagi peneliti selanjutnya dapat meneliti pada subyek yang berbeda serta menambahkan variabel maupun indikator lain yang dapat mempengaruhi customer loyalty dan untuk memperkaya model maupun menjawab permasalahan dan keterbatasan pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Product Innovation, Experiental Marketing, Customer Loyalty, Customer Satisfaction |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 03:40 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 03:40 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66029 |
Actions (login required)
View Item |