PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCIENCE DOMINO GAME BERPENDEKATAN STEM PADA MATERI TATA SURYA
Novalda Nindya Sumawati, 4001417037 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCIENCE DOMINO GAME BERPENDEKATAN STEM PADA MATERI TATA SURYA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Hal ini dilakukan untuk merangsang pola pembelajaran agar dapat menunjang keberhasilan dari proses belajar mengajar sehingga kegiatan belajar mengajar dapat efektif untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Media pembelajaran yang dikemas dalam bentuk game pada pembelajaran IPA di SMP masih jarang digunakan. Pengembangan Pembelajaran Science Domino Game sebagai media pembelajaran dapat membantu peserta didik dalam memahami materi IPA secara mudah dengan tampilan yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan media pembelajaran Pembelajaran Science Domino Game berpendekatan STEM pada Materi Tata Surya yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan konsep pengembangan produk dari ADDIE. Tahap ADDIE dilakukan secara luring maupun daring tanpa melaksanakan tahap implementasi ditengah pandemi COVID-19. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode angket. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian uji coba skala kecil adalah seluruh peserta didik kelas VII E SMP Negeri 13 Semarang dan kelas VII G SMP Negeri 21 Semarang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, angket penggunaan guru dan angket penggunaan peserta didik. Kelayakan media pembelajaran ditentukan berdasarkan penilaian dari 10 validator ahli, 8 guru IPA dan 64 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata dari hasil validasi ahli materi yaitu 90,5% ; hasil validasi ahli media yaitu 86,5% ; hasil angket penggunaan peserta didik yaitu 80,25% ; dan hasil angket penggunaan guru yaitu 91,56% sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Pembelajaran Science Domino Game berpendekatan STEM yang dikembangkan sangat layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Science Domino Game, Pendekatan STEM. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 03:39 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 03:39 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66028 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |