PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DENGAN KINERJA LINGKUNGAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021)
Rahmawathi Setiyaningrum, 7211418229 (2023) PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DENGAN KINERJA LINGKUNGAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pengungkapan Corporate Social Responsibility merupakan salah satu media yang dipilih untuk memperlihatkan kepedulian perusahaan terhadap lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan corporate social responsibility dengan kinerja lingkungan sebagai variabel moderating. Populasi penelitian ini merupakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2019 – 2021. Sampel penelitian ditentukan melalui purposive sampling menggunakan beberapa kriteria yang telah ditentukan, sehingga diperoleh 67 perusahaan dengan 172 unit analisis. Data sekunder yang digunakan merupakan laporan keuangan tahunan dan laporan keberlanjutan yang dapat diunduh melalui website resmi BEI. Penelitian menggunakan analisis deskriptif dan regresi data panel dengan model yang terpilih adalah Random Effect Model (REM). Hasil analisis pada penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan tidak dapat berpengaruh terhadap pengungkapa corporate social responsibility. Begitu pula dengan kinerja lingkungan tidak mampu memoderasi pengaruh profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Kesimpulan penelitian ini adalah profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility. kinerja lingkungan sebagai variabel moderating tidak dapat memoderasi pengaruh profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah dengan menambah variabel diluar penelitian ini dan kinerja lingkungan menggunakan proksi lain.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Corporate Social Responsibility; Profitabilitas; Leverage; Ukuran Perusahaan; Kinerja Lingkungan |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 03:22 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 03:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66017 |
Actions (login required)
View Item |