PERAN SALES GROWTH DALAM MEMODERASI PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, TAX MINIMIZATION, DAN LEVERAGE TERHADAP KEPUTUSAN TRANSFER PRICING (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016 – 2020)


Denna Anggara Natalia, 7211418151 (2023) PERAN SALES GROWTH DALAM MEMODERASI PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, TAX MINIMIZATION, DAN LEVERAGE TERHADAP KEPUTUSAN TRANSFER PRICING (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016 – 2020). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7211418151_Denna Anggara Natalia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan arus globalisasi yang kian hari semakin cepat mendorong banyaknya kegiatan perekonomian dengan terbukanya pangsa ekspor impor menyebabkan banyak berdirinya perusahaan multinasional untuk memperluas ekspansi bisnis. Penetapan harga transfer (transfer pricing) sering terjadi karena adanya transaksi internasional yang dilakukan antar perusahaan multinasional. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, tax minimization, dan leverage terhadap keputusan transfer pricing dengan sales growth sebagai variabel moderating. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016 hingga 2020, yaitu sejumlah 47 perusahaan. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel yang memenuhi kriteria sebanyak 11 perusahaan dengan 52 unit analisis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi moderasi (moderated regression analysis) dengan uji interaksi. Pengujian hipotesis menggunakan aplikasi IBM SPSS Versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan tax minimization berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan transfer pricing, sedangkan profitabilitas dan leverage tidak berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing. Selain itu, sales growth tidak mampu memoderasi secara signifikan pengaruh antara ukuran perusahaan, profitabilitas, tax minimization, dan leverage terhadap keputusan transfer pricing. Simpulan penelitian ini adalah variabel ukuran perusahaan dan tax minimization berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan transfer pricing, sedangkan variabel profitabilitas dan leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan transfer pricing. Adapun variabel sales growth tidak mampu memoderasi secara signifikan pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, tax minimization, dan leverage terhadap keputusan transfer pricing. Berdasarkan hasil penelitian ini, perusahaan disarankan untuk mempertimbangkan dengan baik dan cermat terkait ukuran perusahaan dan tax minimization dalam melakukan tindakan praktik transfer pricing agar perusahaan dapat terhindar dari sanksi hukum maupun administrasi. Saran bagi peneliti selanjutnya agar menggunakan variabel moderating lain yang dapat memperkuat pengaruh variabel independen terhadap keputusan transfer pricing.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Transfer Pricing, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Tax Minimization, Leverage, Sales Growth
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Nov 2024 03:01
Last Modified: 29 Nov 2024 03:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66009

Actions (login required)

View Item View Item