Uji Kualitas VCO Berdasarkan Cara Pembuatan Dari Proses Pengadukan Tanpa Pemancingan Dan Proses Pengadukan Dengan Pemancingan.

Ika Erna Wardani , 4350403022 (2007) Uji Kualitas VCO Berdasarkan Cara Pembuatan Dari Proses Pengadukan Tanpa Pemancingan Dan Proses Pengadukan Dengan Pemancingan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Uji Kualitas VCO Berdasarkan Cara Pembuatan Dari Proses Pengadukan Tanpa Pemancingan Dan Proses Pengadukan Dengan Pemancingan.) - Published Version
Download (593Kb)

    Abstract

    VCO merupakan minyak murni yang dalam proses pembuatannya tidak mengalami proses pemanasan atau tambahan bahan apapun sehingga komponen anti oksidannya tidak mengalami kerusakan. Dalam pembuatan VCO tidak ada proses fermentasi ataupun penambahan enzim, sehingga hasil yang diperoleh berupa VCO yang berwarna bening, tidak berbau tengik tetapi beraroma khas kelapa. Dalam pemanfaatannya, VCO dapat dikonsumsi secara langsung, atau dipakai untuk memasak, minyak ini bersifat tahan terhadap panas, cahaya, oksigen, dan tahan terhadap proses degradasi. Dengan sifat tersebut, VCO dapat disimpan dengan mudah pada suhu kamar selama bertahun-tahun. Pembuatan VCO dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain dengan pemanasan suhu rendah, cara pemancingan dan cara pengadukan. Hal ini yang mendorong peniliti untuk meneliti bagaimana perbandingan kualitas VCO yang dihasilkan dari pembuatan berdasarkan cara pengadukan tanpa pemancingan dan VCO yang dihasilkan dari cara pengadukan dengan pemancingan. Pada pembuatan VCO dengan cara pengadukan tanpa pemancingan, VCO dibuat dengan 5 variasi lama pengadukan yaitu 5, 10, 15, 20 dan 25 menit, setelah diketahui waktu optimum pengdukan, waktu tersebut digunakan dalam pembuatan VCO dengan cara pengadukan dengan pemancingan dengan 5 variasi perbandingan santan kanil dan VCO jadi dengan perbandingan 800 mL:800 mL (1), 800 mL:400 mL (2), 800 mL:267 mL (3), 800 mL:200 mL (4) dan 800 mL:160 mL (5). Dalam penelitian yang telah dilakukan telah disimpulkan tidak ada perbedaan kualitas kadar air, indeks bias, angka asam, angka penyabunan dan angka iod pada VCO yang telah dibuat dengan cara pengadukan tanpa pemancingan maupun VCO yang dibuat dengan cara pengadukan dengan pemancingan tetapi memiliki angka peroksida yang berbeda. Berdasarkan uji komposisi VCO menggunakan GC maka kualitas VCO yang paling baik adalah VCO yang dibuat menggunakan cara pengadukan dengan pemancingan yang mengandung asam laurat sebesar 52,6809%.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: VCO, pengadukan, pemancingan, asam laurat.
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 31 Mar 2011 00:05
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:06

    Actions (login required)

    View Item