PERBANDINGAN MODEL CERAMAH DAN MODEL KOOPERATIF JIGSAW BERBASIS APLIKASI ANDROID TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA XI AKUNTANSI SMK NEGERI 2 PURWOREJO TAHUN AKADEMIK 2022/2023


Ika Moulina Utami, 7101419305 (2023) PERBANDINGAN MODEL CERAMAH DAN MODEL KOOPERATIF JIGSAW BERBASIS APLIKASI ANDROID TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA XI AKUNTANSI SMK NEGERI 2 PURWOREJO TAHUN AKADEMIK 2022/2023. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101419305_Ika Moulina Utami.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar administrasi pajak siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 2 Purworejo Tahun Akademik 2022/2023 dengan implementasi Model Pembelajaran Jigsaw berbasis aplikasi android e-tax pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Purworejo Tahun Akademik 2022/2023 yang dibandingkan dengan Model Pembelajaran Ceramah. Merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan selama dua tahap dimana kelas XI AKL 3 sebagai kelas eksperimen dan XI AKL 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Menggunakan instrumen berupa lembar observasi aktivitas belajar, tes hasil belajar yang terdiri pretest dan posttest. Menggunakan analisis data kuantatitatif metode penelitian quasy eksperimental dan menggunakan teknik purposive sampling. Uji validitas dari aktivitas belajar dan kelayakan aplikasi menggunakan penilaian para ahli (expert judgement) dan butir soal menggunakan uji product moment pearson, uji validitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji wilcoxon, uji paired sampe t-test, uji mann-whitney, dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar dengan Model Pembelajaran Ceramah dan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. Dimana implementasi Model Pembelajaran Jigsaw mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar pada kelas eksperimen ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata dari 13,88 menjadi 21,58 dalam skala 24 dan meningkat sebesar 7,69 serta nilai signifikasi dari Uji Wilcoxon sebesar 0,000 sehingga H1 diterima. Sedangkan peningkatan rata-rata hasil belajar 67,63 menjadi 85,13 yang terdapat selisih 18,50 dan nilai signifikasi uji t paired sebesar 0,000 sehingga H3 diterima. Dilanjutkan dengan perbedaan dari kedua model pembelajaran pada aktivitas belajar yang ditunjukkan dengan uji Mann Whitney dengan nilai signifikasi lebih kecil dari nilai α= 0,05 ( 0.000<0,05) maka H2 diterima. Pada hasil belajar hasil pengujian independent t test lebih kecil dari nilai α= 0,05 ( 0.000<0,05) maka H4 diterima. Aktivitas belajar setelah diukur dengan nilai N-gain meningkat secara signifikan sedangkan pada hasil belajar menunjukkan nilai N-gain yang cukup signifikan namun belum maksimal. Akan menggunakan Model Jigsaw harus lebih dimaksimalkan lagi agar baik aktivitas dan hasil belajar meningkat secara efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Ceramah, Model Pembelajaran Kooperatif Jigssaw berbasis Aplikasi Android e-tax
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Akuntansi (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 26 Nov 2024 02:37
Last Modified: 26 Nov 2024 02:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65950

Actions (login required)

View Item View Item