PENGARUH FINACIAL LITERACY, FINANCIAL SELF EFFICACY, PENDIDIKAN KELUARGA, LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU KEUANGAN KELAS XI SMA N 11 PURWOREJO Tahun Pelajaran 2022/2023
ICHTIAR ADHI FAUZI, 7101419301 (2023) PENGARUH FINACIAL LITERACY, FINANCIAL SELF EFFICACY, PENDIDIKAN KELUARGA, LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU KEUANGAN KELAS XI SMA N 11 PURWOREJO Tahun Pelajaran 2022/2023. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Perilaku keuangan adalah kemampuan seseorang mengatur keuangan pribadi yang miliki yaitu termasuk merencanakan, menganggar, memeriksa, mengelola, mengendalikan, dan menyimpan keuangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh financial literacy, financial self efficacy, pendidikan keluarga, dan lingkungan sosial terhadap perilaku keuangan siswa kelas XI SMA Negeri 11 Purworejo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 11 Purworejo sebanyak 175 siswa. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 122 siswa yang dihitung dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner untuk mengumpulkan data. Metode analisis data yang dilakukan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa financial literacy, financial self efficacy, dan lingkungan sosial berada pada kategori baik, sedangkan pendidikan keluarga kategori cukup. Financial literacy, financial self efficacy, pendidikan keluarga, dan lingkungan sosial berpengaruh secara simultan terhadap perilaku keuangan siswa. Secara parsial financial literacy, financial self efficacy, dan pendidikan keluarga berpengaruh serta lingkungan sosial tidak berpengaruh. Saran yang diberikan berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu meningkatkan literasi keuangan baik di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, serta dunia maya atau dalam hal ini yaitu sosial media agar siswa dapat memahaminya dengan baik dan dapat menerapkan di kehidupan sehari-hari sehingga dapat meningkatkan dan memperbaiki perilaku keuangan siswa. Mengarahkan siswa dengan cara pengajaran secara praktik baik di sekolah maupun dalam lingkungan keluarga agar siswa tidak hanya mengerti tentang konsep yang diberikan, namun juga secara praktik agar dapat membentuk kepribadian siswa yang mempunyai keterampilan dalam mengelola keuangan secara baik. selain itu, hendaknya siswa meningkatkan kesadaran akan pentingnya mengatur dan mengelola keuangannya sehingga dapat bermanfaat di kehidupan dewasanya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Keuangan, Financial Literacy, Financial Self Efficacy, Pendidikan Keluarga, Lingkungan Sosial |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 02:31 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 02:31 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65947 |
Actions (login required)
View Item |