PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL GURU, PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS XI SMAN 1 GROBOGAN
Elsa Putri Rahayu, 7101419288 (2023) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL GURU, PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS XI SMAN 1 GROBOGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Keberhasilan proses pembelajaran merupakan salah satu indikator hasil belajar, dimana hasil belajar tersebut untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa terhadap materi yang telah diberikan oleh guru. Persepsi siswa pada guru yaitu harus memiliki kompetensi profesional dan dapat mengembangkan media belajar supaya siswa memiliki ketertarikan dalam belajar, sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru, penggunaan media pembelajaran, dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi kelas XI SMAN 1 Grobogan. Landasan teori yaitu teori kognitivisme. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian 72 siswa kelas XI yang mendapatkan mapel peminatan ekonomi. Sampel menggunakan teknik non probability sampling yaitu sampel jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup dan dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistic 25. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar berada pada kategori cukup. Persepsi siswa tentang ompetensi profesional guru berada pada kategori sangat tinggi. Penggunaan media pembelajaran dan minat belajar berada pada kategori cukup tinggi. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Pengunaan media pembelajaran tidak berpengaruh terhadap hasil belajar. Minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru secara parsial memiliki kontribusi paling besar terhadap hasil belajar yaitu sebesar 42,17%. Saran yang diberikan hendaknya untuk penelitian selanjutnya supaya mengembangkan model denga variabel lain. Bagi siswa diharapkan lebih memperhatikan hasil penilaian dan evaluasi dari guru supaya dapat mengetahui materi mana saja yang perlu dipelajari ulang dan dapat memperbaikinya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Profesional Guru, Penggunaan Media Pembelajaran, Minat Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 02:28 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 02:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65946 |
Actions (login required)
View Item |