PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA UMKM EGG ROLL WALUH DI KABUPATEN BLORA


Wulan Fatmasari, 7101419150 (2023) PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA UMKM EGG ROLL WALUH DI KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101419150_Wulan Fatmasari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja usaha diperlukan untuk mengukur kemampuan sebuah perusahaan atau usaha. Usaha yang memiliki kinerja usaha yang baik akan mampu mengelola dan mengembangkan usahanya, terkhusus pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Selain itu UMKM yang memiliki kinerja yang baik mampu bertahan dan bersaing dengan produk yang sejenis. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh strategi pemasaran dan orientasi pasar terhadap kinerja usaha UMKM. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Populasi penelitian ini adalah pelaku usaha UMKM egg roll waluh yang ada di Kabupaten Blora. Jumlah sampel sebanyak 63 orang pelaku usaha. Pada penelitian ini menggunakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisoner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi, serta pengolahan data dengan bantuan IBM SPSS Statistic 23. Hasil analisis deskriptif menunjukkan kinerja usaha dalam kategori kurang baik, strategi pemasaran dalam kondisi baik, dan orientasi pasar dalam kondisi baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha UMKM egg roll waluh, begitu juga dengan orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha UMKM egg roll waluh di Kabupaten Blora. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah strategi pemasaran dan orientasi pasar dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja usaha pada UMKM egg roll waluh. Saran yang dilakukan adalah UMKM egg roll waluh lebih memperhatikan sistem penyaluran dan komunikasi dengan konsumen atau karyawan, serta lebih tanggap dalam merespon pesaing sehingga bisa meningkatkan peluang untuk mengembangkan usahanya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Orientasi Pasar, Kinerja Usaha, UMKM
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 26 Nov 2024 01:42
Last Modified: 26 Nov 2024 01:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65932

Actions (login required)

View Item View Item