DESAIN E-MODUL PENGAYAAN MULTIPEL REPRESENTASI UNTUK MENGIDENTIFIKASI KEMAMPUAN LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT


Avia Rizka Ulfana, 4301418064 (2023) DESAIN E-MODUL PENGAYAAN MULTIPEL REPRESENTASI UNTUK MENGIDENTIFIKASI KEMAMPUAN LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301418064_Avia Rizka Ulfana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk e-modul pengayaan multipel representasi untuk mengetahui kemampuan literasi kimia pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit yang layak, efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, serta mendapatkan respon yang baik dari peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan 4D. Metode pengumpulan data diperoleh melalui observasi awal, wawancara, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan yaitu soal pretest dan posttest, serta lembar angket peserta didik. Penelitian dilakukan di SMAN 2 Kendal. Kelayakan peserta didik diukur dari penilaian validasi dari ahli materi, ahli media, dan uji coba skala kecil berupa angket keterbacaan kepada 15 peserta didik. Keefektifan diukur melalui hasil belajar pada uji coba skala besar kepada 48 peserta didik. Respon peserta didik diukur melalui angket tanggapan peserta didik setelah menggunakan produk e-modul. Hasil validitas produk e-modul dari ahli materi rata�rata skor 74 dengan kriteria sangat valid, dari ahli media rata-rata skor 64 dengan kriteria sangat valid, serta dari uji coba skala kecil pada angket keterbacaan mendapatkan skor 40,07 dengan kriteria sangat baik. Hasil analisis uji N-gain pada uji skala besarsebesar 0,817 termasuk kategori tinggi. Penilaian aspek literasi kimia peserta didik mengalami peningkatan pada ketiga aspek. Aspek konten 96,53%, aspek konteks 96,87%, dan aspek kompetensi 96,43%. Hasil respon peserta didik terhadap produk e-modul pengayaan mendapatkan tanggapan yang baik dari peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa desain e-modul pengayaan dinyatakan layak, efektif, serta mendapatkan respon yang baik dari peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-Modul pengayaan, multipel representasi, literasi kimia
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Nov 2024 07:50
Last Modified: 25 Nov 2024 07:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65915

Actions (login required)

View Item View Item