HUBUNGAN ANTARA LITERASI LINGKUNGAN DENGAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH ADIWIYATA SMA N 4 SEMARANG
Anugrah Tunjung Aulia, 3201419013 (2023) HUBUNGAN ANTARA LITERASI LINGKUNGAN DENGAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH ADIWIYATA SMA N 4 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
SMA N 4 Semarang sebagai salah satu Sekolah Adiwiyata tingkat nasional di Kota Semarang memiliki permasalahan masih ditemukan perilaku tidak ramah lingkungan pada siswa yang berpotensi memunculkan permasalahan lingkungan. Maka dari itu, dibutuhkan kemampuan memecahkan masalah lingkungan pada siswa yang dapat dibentuk melalui literasi lingkungan. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk menganalisis tingkat literasi lingkungan indikator pengetahuan lingkungan, keterampilan kognitif, dan sikap terhadap lingkungan pada peserta didik di SMA N 4 Semarang, 2) untuk menganalisis kemampuan literasi lingkungan indikator perilaku terhadap lingkungan pada peserta didik di SMA N 4 Semarang, 3) untuk menganalisis tingkat kemampuan memecahkan masalah lingkungan pada peserta didik di SMA N 4 Semarang, 4) untuk mengetahui hubungan antara literasi lingkungan indikator pengetahuan lingkungan, keterampilan kognitif, dan sikap terhadap lingkungan dengan kemampuan memecahkan masalah lingkungan pada peserta didik di SMA N 4 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian yaitu Siswa SMA N 4 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, kuesioner, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Kemudian teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik parametrik dengan teknik uji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dan korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi lingkungan dan kemampuan memecahkan masalah lingkungan pada siswa masuk dalam kategori tinggi dengan nilai yang diperoleh masing-masing sebesar 85 dan 87. Berdasarkan hasil pengamatan, siswa memiliki perilaku terhadap lingkungan yang baik namun belum optimal. Hasil yang didapatkan juga menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan dengan kekuatan rendah antara literasi lingkungan dengan kemampuan memecahkan masalah lingkungan pada peserta didik di Sekolah Adiwiyata SMA N 4 Semarang. Persamaan regresi linier sederhana yang diperoleh yaitu sebesar Y= 51,755 + 0,413 X. Kemudian koefisien korelasi yang dihasilkan yaitu sebesar 0,368 dan koefisien determinasi yang dihasilkan sebesar 13,5%. Saran dalam penelitian ini yaitu : 1) Pihak sekolah sebaiknya memberikan sosialisasi atau arahan lebih intensif lagi pada siswa terkait pentingnya penghematan energi, sehingga perilaku siswa terhadap lingkungan khususnya dalam penghematan energi dapat meningkat dan lebih baik lagi. 2) Melalui pendidikan lingkungan hidup yang terintegrasi pada setiap mata pelajaran, sebaiknya guru dapat menciptakan pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan kognitif siswa khususnya terkait pelestarian lingkungan salah satunya melalui metode pembelajaran
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Lingkungan, Kemampuan Memecahkan Masalah Lingkungan, Sekolah Adiwiyata |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Geografi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 07:43 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 07:43 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65912 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |