IMPLEMENTASI MEDIA EVAROM-NET SEBAGAI PENGEMBANGAN INOVASI MEDIA BERBASIS EVAKUASI BENCANA ERUPSI GUNUNG MERAPI BAGI SISWA TUNANETRA DI SLB NEGERI 1 SLEMAN


Jamal Isnan, 3201418050 (2023) IMPLEMENTASI MEDIA EVAROM-NET SEBAGAI PENGEMBANGAN INOVASI MEDIA BERBASIS EVAKUASI BENCANA ERUPSI GUNUNG MERAPI BAGI SISWA TUNANETRA DI SLB NEGERI 1 SLEMAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3201418050_Jamal Isnan.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Mengingat tingginya potensi bencana di Kabupaten Sleman, upaya peningkatan kapasitas pengetahuan kebencanaan sangat perlu dilakukan melalui pembelajaran materi orientasi mobilitas. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk mengurangi risiko bencana, salah satunya yaitu dengan kegiatan simulasi, sosialisasi dan penyuluhan bencana. Ada beberapa kendala dalam upaya tersebut, salah satunya yaitu perbedaan perolehan pengalaman partisipan di lapangan, hal tersebut dapat diminimalisir dengan menerapkan media pembelajaran bagi siswa tunanetra. Dibalik kekurangan yang dimiliki siswa tunanetra, mereka memiliki kelebihan berupa kemampuan meraba dan mendengar, sehingga media pembelajaran yang cocok bagi siswa tunanetra adalah media yang berbasis braile. Maka dari itu penelitian ini menggunakan media “EVAROM-NET (Evacuation Route Map Tunanetra)” yang di sesuaikan dengan karakteristik belajar diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mengenali ruang sekitar bagi siswa tunanetra, sebagai bagian upaya pengurangan risiko bencana. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan pendekatan kualitatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data interaktif. Sejalan dengan analisis data interaktif yang dimaksud, bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis, faktual dan akurat. Berdasarkan hasil uji efektivitas peta taktual yang diberi nama EVAROM�NET dinilai relative efektif meningkatkan pengetahuan dan sikap anak tunanetra tentang keruangan di lingkungan sekolah. Media EVAROM-NET dapat menjadi media yang efektif menunjang pembelajaran orientasi mobilitas dan membaca braile bagi siswa tunanetra. Dengan adanya tingakan-tindakan yang dilaksanakan di sekolah tersebut maka dapat dikatakan kesiapsiagaan siswa tunanetra berbantu media pembelajaran EVAROM-NET tergolong sedang karena sudah memenuhi indikator-indikator kesiapsiagaan yang ada walaupun masih dengan bimbingan dari guru. Penelitian ini dapat menambah sumber literasi dan ilmu pengetahuan di bidang media pembelajaran bagi siswa tunanetra yang sesuai dengan karakteristik belajar siswa tunanetra. Selain itu, penelitian ini bisa menjadi sumbangsih terhadap dunia pendidikan (education), khususnya pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus. Harapan peneliti kepada pemerintah sebagai policy maker adalah ikut andil mengembangkan media-media pembelajaran bagi siswa tunanetra yang masih minim di Kabupaten Sleman

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Media EVAROM-NET,Tunanetra, Efektivitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Nov 2024 07:35
Last Modified: 25 Nov 2024 07:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65909

Actions (login required)

View Item View Item