ANALISIS USER EXPERIENCE PADA WEBSITE SISTEM ONLINE PASAR RAKYAT KARANGANYAR (SEMARAK) PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMASI KABUPATEN KARANGANYAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ)
Hafid Fikri Bachtiar, 4612418006 (2023) ANALISIS USER EXPERIENCE PADA WEBSITE SISTEM ONLINE PASAR RAKYAT KARANGANYAR (SEMARAK) PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMASI KABUPATEN KARANGANYAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi membuat lembaga pemerintah di berbagai tingkatan telah mulai menggunakan layanan E-Government. Dengan adanya E-Government juga memudahkan informasi dari pemerintah dapat dicari dan diperoleh dari kantor, rumah tanpa secara fisik harus datang ke kantor pemerintah. Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah mengubah proses, operasi, dan struktur publik di negara maju maupun berkembang. Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dibuatlah suatu sistem kerja sehingga harapannya dapat meningkatkan efektivitas dalam memberikan pelayanan publik secara maksimal kepada warganya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi penerapan E�Government serta mengidentifikasi penerapan E-Government pada website Sistem Online Pasar Rakyat Karanganyar (Semarak), serta mengasilkan penambahan fitur website Sistem Online Pasar Rakyat Karanganyar (Semarak). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dengan alat pengolahan data yaitu software UEQ Data Analysis Tool tersedia dalam bentuk aplikasi Excel. Output penelitian berdasarkan hasil pengolahan UEQ menunjukan bahwa Penerapan website Sistem Online Pasar Rakyat Karanganyar (Semarak) pada E-Government mempengaruhi dan berkontribusi secara signifikan pada pemerintah kabupaten Karanganyar. Faktor-faktor yang mempengaruhi user experience dalam penggunaan layanan website Sistem Online Pasar Rakyat Karanganyar (Semarak) seperti variabel attractiveness, dependability, stimulation dan novelty perlu ditingkatkan Kembali. Hasil analisis statistik deskriptif pada masing-masing variabel UEQ dapat diketahui bahwa website Sistem Online Pasar Rakyat Karanganyar (Semarak) mendapatkan nilai evaluasi positif pada variabel attractiveness (mean 1,41), perspicuity (mean 1,41), efficiency (mean 1,69), dependability dengan (mean 1,31), stimulation (mean 1,08). Sedangkan variabel novelty mendapatkan evaluasi netral (mean 0,69). Sehingga perlu memperbaiki user experience website Sistem Online Pasar Rakyat Karanganyar (Semarak) pada item-item yang masih mendapatkan respon netral. Terutama pada aspek novelty karena berdasarkan hasil analisis mendapatkan nilai rata-rata evaluasi paling rendah. Serta perlu dipertahankan dan ditingkatkan terkait aspek attractiveness, perspicuity, efficiency, dependability dan stimulation untuk memperoleh hasil yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Goverment, Diskominfo, User Experience, User Experience Questionnaire (UEQ). |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Sistem Informasi S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 07:26 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 07:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65904 |
Actions (login required)
View Item |