PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOGRAFI BERBASIS WEB PADA MATERI SIKLUS HIDROLOGI UNTUK SISWA KELAS X DI SMAN 1 KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA
Zulvyan Nurrul Fadil Akbar, 3201416060 (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOGRAFI BERBASIS WEB PADA MATERI SIKLUS HIDROLOGI UNTUK SISWA KELAS X DI SMAN 1 KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi yang pesat mengharuskan adanya inovasi dan transformasi dalam pembelajaran geografi. Materi geografi yang memiliki cakupan luas dan bersifat abstrak membuat peserta didik sulit dalam memahami materi, dan peserta didik cenderung lebih menyukai sumber belajar di dunia maya atau website dibandingkan dengan buku cetak. Hasil observasi menunjukkan bahwa pembelajaran geografi di SMA N 1 Kejobong menggunakan panduan modul cetak yang sudah ada di sekolah, penyampaian materi cenderung menggunakan satu sumber saja, dan belum ada pembaharuan bahan ajar yang dilakukan oleh pihak sekolah. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan produk bahan ajar geografi berbasis web menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan pendekatan ADDIE yang melalui 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation untuk mengetahui tingkat kelayakan produk tersebut. Populasi di dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMAN 1 Kejobong dengan menggunakan sampel yang berjumlah 108 peserta didik yaitu kelas XA, XC, dan XD yang diambil secara acak menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, dokumentasi, dan observasi. Uji kelayakan produk dilakukan menggunakan kuesioner yang diberikan melalui 2 tahap uji coba yaitu uji validasi oleh ahli yaitu 3 ahli bahan ajar, 2 ahli IT, dan 108 peserta didik. Teknik analisis data di dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan rumus persentase. Hasil kelayakan produk diperoleh berdasarkan uji coba yang telah dilaksanakan oleh validator ahli bahan ajar dan validator ahli IT. Berdasarkan uji coba oleh masing-masing ahli, diperoleh persentase sebesar 88% dengan kategori (sangat layak), validator ahli IT sebesar 87% dengan kategori (sangat layak), dan respon peserta didik sebesar 86% dengan kategori (sangat menarik). Simpulan penelitian ini adalah adanya kebutuhan bahan ajar sebagai sumber belajar yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan peserta didik karena peserta didik cenderung lebih menyukai sumber belajar di dunia maya yang disajikan secara menarik dan membantu peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Tingkat kelayakan bahan ajar oleh ahli bahan ajar, dan ahli IT dinyatakan sangat layak, hasil respon peserta didik terhadap bahan ajar dinyatakan sangat menarik, sehingga bahan ajar geografi berbasis web dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran geografi materi siklus hidrologi
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Bahan Ajar, Web, Siklus Hidrologi |
Subjects: | L Education > Special Education > Geography Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Geografi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 04:45 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 04:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65888 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |