PENGARUH SMARTPHONE ADDICTION DAN KEAKTIFAN BERORGANISASI MELALUI MANAJEMEN WAKTU SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2020


Lu’luul Maknun, 7101419139 (2023) PENGARUH SMARTPHONE ADDICTION DAN KEAKTIFAN BERORGANISASI MELALUI MANAJEMEN WAKTU SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2020. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101419139_Lu'luul Maknun.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Motivasi belajar yang baik merupakan langkah untuk tercapainya hasil belajar yang baik. Apabila motivasi belajar mahasiswa rendah, maka hasil belajar cenderung kurang maksimal begitu pula sebaliknya. Berdasarkan hasil observasi awal, mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2020 memiliki motivasi belajar yang tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh smartphone addiction, keaktifan berorganisasi dan manajemen waktu terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNNES angkatan 2020. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNNES angkatan 2020. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 116 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Sedangkan uji hopotesis yang digunakan adalah uji parsial (uji t), analisis jalur (path analysis) dan uji sobel (sobel test). Hasil analisis deksriptif diperoleh bahwa motivasi belajar, smartphone addiction, keaktifan berorganisasi, dan manajemen waktu dalam kategori sering. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) smartphone addiction terhadap motivasi belajar memperoleh nilai signifikansi 0.324, (2) keaktifan berorganisasi dan manajemen waktu terhadap motivasi belajar memperoleh nilai signifikansi 0.015 dan 0.000. Berdasarkan uji sobel diperoleh hasil sebagai berikut (1) smarphone addiction terhadap motivasi belajar melalui manajemen waktu dengan nilai t hitung sebesar 0.060, dan (2) keaktifan berorganisasi terhadap motivasi belajar melalui manajemen waktu dengan nilai t hitung sebesar 0.095. Simpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh positif dan signifikan keaktifan berorganisasi dan manajemen waktu terhadap motivasi belajar. Sedangkan manajemen waktu tidak mampu memediasi pengaruh smartphone addiction dan keaktifan berorganisasi terhadap motivasi belajar. Saran dari penelitian ini mahasiswa diharapkan mampu menetapkan batas waktu penggunaan smartphone, tetap aktif mengikuti organisasi, dan membuat jadwal belajar yang terstruktur.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Smartphone Addiction, Keaktifan Berorganisasi, Manajemen Waktu.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Nov 2024 04:38
Last Modified: 25 Nov 2024 04:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65879

Actions (login required)

View Item View Item