IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DAN MEMBENTUK KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA KELAS X SMA TEUKU UMAR KOTA SEMARANG
Mila Atikasari, 7101419131 (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DAN MEMBENTUK KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA KELAS X SMA TEUKU UMAR KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Lemahnya proses pembelajaran, yakni siswa lebih dominan mempelajari pelajaran secara teori saja, sedangkan teori yang di pelajari siswa tersebut kurang diterapkan khususnya dalam kehidupan sehari-hari yang menyebabkan siswa menjadi kurang mengerti lebih mendalam materi yang diajarkan dan keinginan untuk belajarnya juga cenderung menurun. Adanya learning loss yang sempat terjadi tentu saja membuat minat siswa dalam belajar menjadi semakin menurun karena dianggap monoton khususnya dalam mata pelajaran ekonomi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based-Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan membentuk karakter profil pelajar pancasila siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain Nonequivalent Post-Test Only Kontrol Group Design yang merupakan bagian dari Quasi Experimental Design. Lokasi Penelitian di SMA Teuku Umar Semarang. Populasi penelitiani ini adalah siswa kelas X SMA Teuku Umar Semarang. Sampel yang penelitian ini adalah siswa kelas X.1 dan X.2 SMA Teuku Umar Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket atau kuisioner, observasi, eksperimen, pemberian tes. Teknik analisis data dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent samples T-test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran Project Based�Learning dapat berpengaruh positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan membentuk karakter profil pelajar pancasila siswa SMA Teuku Umar Semarang dengan rata-rata nilai kelas eksperimen 75 sedangkan kelas kontrol 60 serta tingkat gotongroyong dan bernalar kritis kelas eksperimen yang lebih dominan dibanding kelas kontrol. Saran dari penelitian ini guru mata pelajaran ekonomi diharapkan mampu melakukan evaluasi terhadap model pembelajaran yang sudah diterapkan dalam kelas dengan beberapa pertimbangan sesuai dengan materi. Serta siswa diharapkan lebih berani untuk bertanya atau mengemukakan pendapat baik dalam berdiskusi kelompok maupun dalam diskusi kelas.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based-Learning, Hasil Belajar, Profil Pelajar Pancasila. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 04:33 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 04:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65873 |
Actions (login required)
View Item |