ANALISIS MISKONSEPSI PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR SISWA KELAS X MELALUI PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE-TIER MULTIPLE CHOICE TEST


Yosephine Debbie Damayanti, 4301419081 (2023) ANALISIS MISKONSEPSI PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR SISWA KELAS X MELALUI PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE-TIER MULTIPLE CHOICE TEST. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301419081_Yosephine Debbie Damayanti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Miskonsepsi merupakan suatu pemahaman yang salah terhadap konsep atau bertentangan dengan hasil penelitian para ahli yang sudah teruji. Miskonsepsi yang terjadi pada materi kimia perlu diketahui mengingat materi kimia satu dengan yang lainnya saling berkaitan. Analisis miskonsepsi menjadi hal yang sangat penting untuk meminimalisir terjadinya miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi siswa kelas X pada materi sistem periodik unsur terfokus sifat keperiodikan unsur melalui pengembangan instrumen tes diagnostik Three�Tier Multiple Choice Test. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan desain penelitian menggunakan 4D, yang meliputi tahap Define, Design, Development, dan Disseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 dan X5 SMA Pangudi Luhur Don Bosko Kota Semarang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kajian pustaka, dan wawancara. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi lembar angket validasi, lembar angket tanggapan siswa dan guru, dan Instrumen Three�Tier Multiple Choice Test. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi validitas butir soal, item measure, person measure, item fit, item reliability, person reliability, item map, scalogram, dan DIF dengan pemodelan Rasch. Rerata skor yang diperoleh dari validator ialah 38,6 dari total skor 40 yang menandakan bahwa intrumen tes yang dikembangkan sangat valid. Hasil penelitian menunjukkan validitas dan reliabilitas pada uji coba skala kecil dan uji coba skala besar berturut-turut, yaitu 0,87; 0,74 dan 0,86; 0,82. Profil pemahaman konsep siswa secara keseluruhan menunjukkan siswa yang termasuk dalam kategori Paham Konsep 44%, siswa yang termasuk dalam kategori Paham Konsep Kurang PD 23%, siswa yang termasuk dalam kategori Kurang Paham Konsep 4%, siswa yang termasuk dalam kategori Tidak Paham Konsep 61%, siswa yang termasuk kategori Miskonsepsi Positif 18%, siswa yang termasuk kategori Miskonsepsi Negatif 21%, dan siswa yang termasuk kategori Miskonsepsi Penuh 23%. Siswa dan guru juga memberikan respon yang positif melalui angket tanggapan. 12% siswa menyatakan angket sangat praktis dan 88% menyatakan praktis. Berdasakan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Instrumen Three-Tier Multiple Choice Test yang dikembangkan layak, valid, reliabel, dan praktis untuk mendiagnosis miskonsepsi siswa pada materi sistem periodik unsur terfokus sifat keperiodikan unsur.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis miskonsepsi, sifat keperiodikan unsur, Three-Tier Multiple Choice Test
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Nov 2024 04:31
Last Modified: 25 Nov 2024 04:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65871

Actions (login required)

View Item View Item