Hubungan Konsep Diri Remaja Putri Dengan Perilaku Membeli Produk Kosmetik Pemutih Wajah


Dinda Surya Pratiwi , 1550404015 (2011) Hubungan Konsep Diri Remaja Putri Dengan Perilaku Membeli Produk Kosmetik Pemutih Wajah. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Hubungan Konsep Diri Remaja Putri Dengan Perilaku Membeli Produk Kosmetik Pemutih Wajah]
Preview
PDF (Hubungan Konsep Diri Remaja Putri Dengan Perilaku Membeli Produk Kosmetik Pemutih Wajah) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Fenomena maraknya produk pemutih wajah yang muncul di pasaran serta memicu tren di kalangan remaja putri untuk memiliki kulit yang putih agar dianggap cantik. Hal terebut dapat mempengaruhi konsep diri remaja putri, dan salah satu faktor perilaku membeli adalah konsep diri konsumen, dimana konsumen ingin merubah penampilannya menjadi lebih baik. Meskipun remaja tersebut belum memiliki kemandirian secara finansial ternyata tidak menyurutkan keinginan remaja putri untuk membeli produk pemutih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri remaja putri dengan perilaku membeli produk pemutih wajah. Try out penelitian dilakukan pada sekelompok siswi salah satu SMA di Semarang yang memiliki karakteristik yang sama dengsan subjek penelitian (n=30). Dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling simple random. Penelitian ini difokuskan pada siswi kelas 2 SMA Kesatrian 1 Semarang, dari 200 siswi kelas 2 diketahui 113 siswi menggunakan produk kosmetik pemutih wajah (n=113). Data dikumpulkan menggunakan angket yang setelah divalidasi dengan korelasi Pearson dan alpha cronbach diperoleh jumlah item perilaku membeli 79 item dan konsep diri 71 item. Olah data dilakukan dengan metode korelasi product moment. Hasil analisis menunjukkan ada hubungan negatif sebesar -0.287. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang negatif antara konsep diri remaja putri dan perilaku membeli produk pemutih wajah. Hal ini berarti apabila konsep diri remaja putri tinggi maka perilaku membeli produk pemutih wajah rendah, dan apabila konsep diri remaja putri rendah maka perilaku membeli produk pemutih wajah akan tinggi. Saran yang diberikan adalah agar remaja putri tidak hanya mengikuti teman tapi juga memikirkan yang terbaik untuk dirinya sendiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konsep diri remaja putri, perilaku membeli, produk kosmetik pemutih wajah.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 31 Oct 2011 02:44
Last Modified: 25 Apr 2015 06:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6587

Actions (login required)

View Item View Item