PENGARUH MOTIVASI BELANJA HEDONIS, PROMOSI PENJUALAN, DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF DARING MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2020 DENGAN SHOPPING ENJOYMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Windi Puji Astuti, 7101419116 (2023) PENGARUH MOTIVASI BELANJA HEDONIS, PROMOSI PENJUALAN, DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF DARING MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2020 DENGAN SHOPPING ENJOYMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Tingginya intensitas penggunaan lokapasar daring masyarakat Indonesia dalam melakukan transaksi dan berbelanja menimbulkan perilaku yang semakin konsumtif hingga memicu perilaku pembelian impulsif, tak terkecuali pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh motivasi belanja hedonis, promosi penjualan, electronic word of mouth terhadap perilaku pembelian impulsif daring dengan shopping enjoyment sebagai variabel intervening. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2020 berjumlah 1.227, dengan jumlah sampel sebanyak 301 responden yang diambil menggunakan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner daring dengan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan Structural Equation Modeling berbasis Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa motivasi belanja hedonis, promosi penjualan, dan shopping enjoyment berpengaruh terhadap perilaku pembelian impulsif daring. Electronic word of mouth tidak berpengaruh terhadap perilaku pembelian impulsif daring. Motivasi belanja hedonis, promosi penjualan, dan electronic word of mouth berpengaruh terhadap shopping enjoyment. Shopping enjoyment mampu memediasi pengaruh motivasi belanja hedonis, promosi penjualan, dan electronic word of mouth terhadap online impulse buying behavior. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan dari motivasi belanja hedonis, dan promosi penjualan terhadap perilaku pembelian impulsif mahasiswa serta pengaruh mediasi dari variabel shopping enjoyment. Mahasiswa disarankan untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan, menentukan skala prioritas, mengendalikan diri dari kondisi FOMO, menetapkan batas saat melakukan self-rewad, membatasi akses dan jumlah aplikasi lokapasar daring, serta tidak mudah tergoda dengan penggunaan sistem pembayaran digital dan paylater yang dapat mengarah kepada perilaku pembelian impulsif
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelian Impulsif, Motivasi Belanja Hedonis, Promosi Penjualan, Electronic Word of Mouth, dan Shopping Enjoyment. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 04:25 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 04:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65864 |
Actions (login required)
View Item |