PERAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI ANTARA PENGARUH PENGALAMAN, EKUITAS MEREK, KUALITAS SITUS WEB, DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP NIAT BELI ULANG PADA APLIKASI SHOPEE


Nurfasikha, 7101419083 (2023) PERAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI ANTARA PENGARUH PENGALAMAN, EKUITAS MEREK, KUALITAS SITUS WEB, DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP NIAT BELI ULANG PADA APLIKASI SHOPEE. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101419083_Nurfasikha - Nurfasikha.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Jenis transkasi pembelian yang saat ini digemari oleh konsumen adalah berbelanja daring melalui aplikasi. Aplikasi yang menjadi pilihan utama dalam berbelanja adalah Shopee. Namun, telah terjadi penurunan terhadap minat pembelian ulang konsumen. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pengalaman, ekuitas merek, kualitas situs web, dan electronic word of mouth terhadap niat beli ulang dengan kepercayaan sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi penelitian adalah mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2019 dengan jumlah 348 mahasiswa. Jumlah sampel penelitian adalah 186 responden yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket tertutup dan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi moderasi. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukan bahwa variabel niat beli ulang, pengalaman, kualitas situs web, dan electronic word of mouth berada pada kategori sangat tinggi. Sedangkan variabel ekuitas merek dan kepercayaan ada di kategori tinggi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ekuitas merek, kualitas situs web, dan electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian ulang pada aplikasi Shopee. Kepercayaan dapat memperkuat pengaruh ekuitas merek dan electronic word of mouth terhadap minat pembelian ulang. Sedangkan kepercayaan memperlemah pengaruh yang diberikan oleh kualitas situs web terhadap niat beli ulang. Pengalaman tidak berpengaruh terhadap niat beli ulag. Dan kepercayaan tidak berpengaruh terhadap hubungan antara pengalaman dengan niat beli ulang. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ekuitas merek, kualitas situs web, dan electronic word of mouth mampu meningkatkan minat pembelian ulang. Adanya kepercayaan dapat memperkuat pengaruh ekuitas merek dan electronic word of mouth terhadap niat beli ulang. Penyedia aplikasi disarankan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, kualitas produk, dan kualitas informasi yang tersedia di Shopee. Peneliti selanjutnya disarankan untuk menambahkan variabel potensial lain dan memperluas subjek penelitian dengan menjangkau lapisan pengguna aplikasi lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Niat Beli Ulang Shopee, Pengalaman, Ekuitas Merek, Kualitas Situs Web, Electronic Word of Mouth, dan Kepercayaan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Nov 2024 04:20
Last Modified: 25 Nov 2024 04:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65857

Actions (login required)

View Item View Item