PENGEMBANGAN E-LKPD SISTEM PENCERNAAN BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATIVE LEARNING DENGAN CASE METHOD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS


Sevina Risti Utami, 4401419007 (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD SISTEM PENCERNAAN BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATIVE LEARNING DENGAN CASE METHOD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4401419007_Sevina Risti Utami.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan abad ke-21 membawa dunia pendidikan untuk turut mengikuti arus perkembangan teknologi dengan berbagai tuntutan penguasaan kemampuan oleh peserta didik, hal ini seiring dengan kurikulum pendidikan yang diterapkan di Indonesia yang juga menuntut peserta didik untuk memiliki berbagai penguasaan kemampuan salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis. E-LKPD merupakan media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritisnya. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan, menganalisis karakteristik, validitas, kelayakan, dan efektivitas E-LKPD Sistem Pencernaan berbasis multiple representative learning dengan case method. Desain penelitian berupa Research and Development (R&D), dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implimentation, Evaluation), dan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilakukan di UNNES dan di SMA Negeri 1 Belik pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2022/2023. Populasi meliputi 9 peserta didik kelas XI MIPA dan 72 peserta didik Kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 4 dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data yang dikumpulkan: (1) karakteristik E-LKPD sesuai standar BSNP; (2) validitas E-LKDP oleh ahli materi dan ahli media; (3) kelayakan E-LKPD dari tanggapan guru dan peserta didik menggunakan instrumen angket dengan analisis deskriptif persentase; (4) efektivitas E-LKPD melalui hasil belajar tingkat berpikir kritis menggunakan instrument tes dengan analisis persentase ketuntasan klasikal serta uji N-gain. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan yaitu: (1) karakteristik E-LKPD memenuhi standar BSNP Tahun 2012; (2) hasil validasi ahli materi 97% (sangat valid), hasil validasi ahli media 98% (sangat valid); (3) tanggapan kelayakan oleh guru biologi 90% (sangat layak), tanggapan kelayakan oleh peserta didik 89% (sangat layak); (4) ketuntasan belajar klasikal peserta didik 87,5% (sangat efektif), dan persentase N-gain 100% dalam taraf sedang hingga tinggi (sangat efektif). Simpulan dari penelitian ini yaitu E-LKPD Sistem Pencernaan berbasis multiple representative learning dengan case method berhasil dikembangkan dengan memenuhi karateristik, valid, layak, dan efektif digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran materi Sistem Pencernaan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, kemampuan berpikir kritis, sistem pencernaan, multiple representative learning, case method
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Nov 2024 04:18
Last Modified: 25 Nov 2024 04:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65856

Actions (login required)

View Item View Item