PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, SOSIAL EKONOMI KELUARGA, DAN KEAKTIFAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 PLUPUH
Sepia Aryanti, 7101419066 (2023) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, SOSIAL EKONOMI KELUARGA, DAN KEAKTIFAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 PLUPUH. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA N 1 Plupuh, untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh sosial ekonomi keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA N 1 Plupuh. Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh keaktifan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA N 1 Plupuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun responden pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS SMA N 1 Plupuh. Sampel dari penelitian ini yaitu 107 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas dan metode dokumentasi digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa. Metode analisis data yang lakukan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Metode analisis data ini berbantuan program IBM SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian, secara simultan pengaruh disiplin belajar, sosial ekonomi keluarga dan keaktifan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Plupuh sebesar R2 = 76,6 %. Secara parsial masing-masing variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi. Pengaruh disiplin belajar yaitu r 2 sebesar 45 %, pengaruh sosial ekonomi keluarga r2 sebesar 31,13 % dan keaktifan siswa r2 sebesar 32,26 % Kesimpulan dari penelitian ini adalah koefisien variabel disiplin belajar bernilai positif artinya terdapat hubungan positif antara disiplin belajar dengan hasil belajar, kemudian koefisien variabel sosial ekonomi keluarga bernilai positif artinya terdapat hubungan positif antara variabel sosial ekonomi keluarga dengan hasil belajar dan koefisien variabel keaktifan siswa bernilai positif artinya terdapat hubungan positif antara variabel keaktifan siswa dengan hasil belajar. Saran dari penelitian ini yaitu peserta didik diharapkan untuk meningkan serta menumbuhkan kesadaran pada dirinya terkait dengan disiplin belajar, seperti mematuhi peraturan pembelajaran yang telah berlaku, mengumpulkan tugas tepat waktu, tidak terlambat datang kesekolah dan lain sebagainya. Selain itu peserta didik juga harus menumbuhkan serta meningkatkan keaktifan pada saat proses pembelajaran dan menumbuhkan rasa ingin tahu dengan cara aktif bertanya tentang materi pada saat pembelajaran, selain itu siswa juga bisa membaca buku sebelum pembelajaran dimulai agar para siswa dapat berinisiatif menanyakan materi yang belum paham dan membantu memecahkan masalah. Selanjutnya saran untuk orangtua siswa memberikan nasehat dengan baik untuk memupuk semangat siswa dalam belajar agar terciptanya suatu lingkungan belajar yang kondusif
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin, Sosial Ekonomi Keluarga, Keaktifan, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 04:18 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 04:18 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65854 |
Actions (login required)
View Item |