METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING DALAM UPAYA MENGURANGI VERBALISME PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS 11 DI SMA NEGERI 1 BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023


Widiya Eka Parawansa, 3101419077 (2023) METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING DALAM UPAYA MENGURANGI VERBALISME PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS 11 DI SMA NEGERI 1 BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101419077 - Widiya Eka Parawansa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk : (1) mengetahui bagaimana tingkat verbalisme dari siswa yang menggunakan metode Outdoor Learning dalam pembelajaran sejarah. (2) mengetahui tingkat verbalisme dari siswa yang tidak menggunakan metode Outdoor Learning dalam pembelajaran sejarah. (3) mencari dan mengetahui perbedaan tingkat verbalisme pada siswa yang melakukan outdoor learning dengan yang tidak dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen yang memiliki tujuan untuk menguji hipotesa dan mencari pengaruh antara variabel tertentu terhadap variabel lainnya. Desain Penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah desain penelitian Posttest only control design yaitu sebuah rancangan eksperimen yang dilakukan pada 2 kelompok yang berbeda yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol guna mendapatkan hasil yang berbeda pula. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan Observasi dan pengisian angket atau kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran outdoor learning yang telah dilakukan dapat mengurangi verbalisme pada pembelajaran sejarah di kelas 11 SMA N 1 Bergas. Terbukti dengan hasil analisis deskriptif yang dilakukan terdapat perbedaan rata-rata hasil kuesioner tingkat verbalisme dari kelas eksperimen sebesar 44,32% termasuk kategori rendah. Dan rata-rata hasil kuesioner tingkat verbalisme kelas kontrol sebesar 71,08% termasuk dalam kategori tinggi. Selain itu, uji independent sample T-test yang dilakukan terhadap hasil analisis deskriptif kuesioner tingkat verbalisme menunjukan nilai signifikansi sebesar <,001 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan Ha diterima atau terdapat perbedaan tingkat verbalisme pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Oleh karena itu, dapat disimpukan bahwa Metode outdoor learning dapat menurunkan tingkat verbalisme pada kelas sejarah dengan adanya selisih rata-rata antara kedua kelas. Sehingga disarankan bagi guru dan sekolah untuk mengadakan dan memfasilitasi kegiatan pembelajaran dengan metode outdoor learning ini untuk dilaksanakan secara rutin. Serta disarankan kepada peneliti lain untuk dapat mengembangkan pembelajaran dengan metode outdoor learning menjadi lebih baik lagi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Outdoor Learning, Verbalisme, Pembelajaran Sejarah
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Nov 2024 04:13
Last Modified: 25 Nov 2024 04:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65849

Actions (login required)

View Item View Item