PERBANDINGAN EFEKTIVITAS VIDEO ANIMASI DAN POSTER SEBAGAI ALAT BANTU MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BATANG


Madinah Suhendoro, 7101419060 (2023) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS VIDEO ANIMASI DAN POSTER SEBAGAI ALAT BANTU MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BATANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101419060 - Madinah Suhendoro.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan suatu faktor penting yang ada di dalam kehidupan bermasyarakat. SMA Negeri 2 Batang menjadi salah satu sekolah yang menerapkan kurikulum merderka belajar. Kurikulum merdeka belajar yang diterapkan dapat menjadi salah satu faktor dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian yang akan dicapai adalah untuk mengetahui analisis dan perbedaan efektivitas model Problem Based Learning (PBL) berbantuan video animasi dalam meningkatkan hasil belajar pada capaian pembelajaran konsep sistem pembayaran dan uang sebagai alat pembayaran siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan bentuk quasi experiment atau eksperimen semu. Sampel penelitian ini adalah kelas X 2 sebagai kelas kontrol sedangkan kelas X 1 sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner yang sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data menggunakan alat bantu IBM SPSS Statistic versi 24. Hasil uji n-gain score menunjukkan rata-rata pada kelas X 1 sebagai kelas eksperimen menunjukkan presentase sebesar 57%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan video animasi cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Sementara pada kelas X 2 sebagai kelas kontrol menunjukkan presentase sebesar 37%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan tidak efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Model Problem Based Learning (PBL) yang diterapkan dalam pembelajaran dengan berbantuan media pembelajaran berbentuk video animasi cukup efektif untuk memberikan peningkatan hasil belajar siswa di kelas X 1. Dibuktikan dengan uji beda pada nilai rata-rata hasil belajar kelas X 1 lebih tinggi daripada kelas X 2. Selain itu juga terbukti melalui hasil pengujian n-gain score kelas X 1 lebih tinggi daripada kelas X 2. SMA Negeri 2 Batang diharapkan terus meningkatkan kualitas pembelajarannya dengan cara memodifikasi model dan media pembelajaran yang diterapkan saat kegiatan belajar mengajar. Sehingga siswa akan lebih tertarik untuk aktif selama proses pembelajaran dan tentunya akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Video Animasi, Hasil Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Nov 2024 04:09
Last Modified: 25 Nov 2024 04:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65846

Actions (login required)

View Item View Item