IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA N 1 KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN
Anita Nur Fitriana, 3101419076 (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA N 1 KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kesiapan sekolah dan guru sejarah dalam menghdapi pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMA N 1 Kajen Kabupaten Pekalongan, 2) mengetahui sarana dan prasarana sekolah dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMA N 1 Kajen Kabupaten Pekalongan dan 3) mengetahui pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMA N 1 Kajen Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu informan dari guru sejarah, waka urusan kurikulum dan kepala sekolah. Proses pembelajaran dan dokumen juga menjadi sumber data dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Keabsahan data hasil penelitian diuji dengan triangulasi teknik pengumpulan data. Metode analisis yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kesiapan sekolah dan guru sejarah sudah cukup baik dalam menghadapi pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Sekolah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka memilih mandiri berubah. Kesiapan belum maksimal karena guru merasa bingung dengan barunya penerapan Kurikulum Merdeka, 2) sarana dan prasarana sekolah sudah baik meskipun terdapat keterbatasan jumlah buku dan LCD, meskipun terdapat keterbatasan SMA N 1 Kajen tetap melaksanakan Kurikulum Merdeka dengan sebaik-baiknya dan per 1 Januari tahun 2023 SMA N 1 Kajen ditetapkan sebagai sekolah penggerak dan 3) pelaksanaan Kurikulum Merdeka sudah berjalan dengan baik, sumber belajar dan metode yang digunakan dalam pembelajaran beragam, pembelajaran dan asesmen dilakukan sesuai dengan prinsipnya dan P5 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sudah berjalan dan dilakukan dengan dua sistem. Adapun saran yang diberikan penulis dalam penelitian ini, yaitu pemerintah perlu meningkatkan dukungan, khusunya menyediakan buku yang dibutuhkan dalam memfasilitasi pelaksanaan Kurikulum Merdeka
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka dan Pembelajaran Sejarah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 04:10 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 04:10 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65845 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |