PENGARUH RASIONALITAS HARGA, PROMOSI PENJUALAN, DAN GAYA HIDUP HEDONIS TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF ONLINE DENGAN MINAT MENGGUNAKAN PAYLATER SEBAGAI VARIABEL MEDIASI


Nuril Fatikhah, 7101419043 (2023) PENGARUH RASIONALITAS HARGA, PROMOSI PENJUALAN, DAN GAYA HIDUP HEDONIS TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF ONLINE DENGAN MINAT MENGGUNAKAN PAYLATER SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101419043_Nuril Fatikhah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi digital berdampak pada perubahan pola transaksi belanja yang mendorong adanya kemudahan pemenuhan kebutuhan. Kemudahan berbelanja dapat dirasakan pada e-commerce yang memicu terjadinya pengambilan keputusan secara cepat dan keinginan kepemilikan produk sehingga ditandai dengan munculnya perilaku pembelian secara spontan atau impulsif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung dari rasionalitas harga, promosi penjualan, dan gaya hidup hedonis terhadap perilaku pembelian impulsif online dengan minat menggunakan paylater sebagai variabel mediasi. Pendekatan kuantitatif dengan desain kausalitas digunakan dalam penelitian ini. Populasi penelitian ialah mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Semarang yang pernah melakukan pembelian secara online. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling yang disesuaikan dengan Structural Equation Model (SEM). Adapun jumlah sampel sebanyak 284 responden dengan alat analisis SmartPLS versi 3.0. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa perilaku pembelian impulsif online, rasionalitas harga, promosi penjualan, gaya hidup hedonis, dan minat menggunakan paylater dalam kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara rasionalitas harga, promosi penjualan, gaya hidup hedonis, dan minat menggunakan paylater terhadap perilaku pembelian impulsif online. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara rasionalitas harga, promosi penjualan, dan gaya hidup hedonis terhadap perilaku pembelian impulsif online melalui minat menggunakan paylater. Kesimpulan dari penelitian ini adalah rasionalitas harga, promosi penjualan, gaya hidup hedonis, dan minat menggunakan paylater berpengaruh langsung maupun tidak langsung positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif online. Hasil penelitian pengaruh tidak langsung menunjukkan bahwa minat menggunakan paylater mampu memediasi parsial pengaruh rasionalitas harga, promosi penjualan, dan gaya hidup hedonis terhadap perilaku pembelian impulsif online. Saran untuk mahasiswa adalah membuat skala prioritas antara kebutuhan maupun keinginan, merubah gaya hidup hedonis, bertindak rasional dalam pengambilan keputusan, memiliki kontrol diri atas promosi penjualan, memanfaatkan waktu lebih baik, meningkatkan pemahaman dan ketepatan penggunaan dalam mengatur uang digital seperti paylater dalam fitur belanja online. Kemudian bagi peneliti selanjutnya dapat menambah variabel lain dengan teknik analisis yang berbeda sehingga hasil penelitian dapat tergeneralisasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Pembelian Impulsif Online, Rasionalitas Harga, Promosi Penjualan, Gaya Hidup Hedonis, Minat Menggunakan Paylater.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Nov 2024 04:07
Last Modified: 25 Nov 2024 04:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65843

Actions (login required)

View Item View Item