Pemanfaatan Media Sosial melalui Kanal Youtube Inspect History sebagai Penguatan Minat Belajar Sejarah Kelas XI IPS 1 SMA NEGERI 2 WONOSOBO
Dian Aprilia Nur Azmi, 3101419071 (2023) Pemanfaatan Media Sosial melalui Kanal Youtube Inspect History sebagai Penguatan Minat Belajar Sejarah Kelas XI IPS 1 SMA NEGERI 2 WONOSOBO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran Sejarah memerlukan media pembelajaran yang menarik hingga dapat menarik perhatian siswa dalam memiliki minat belajar sejarah yang tinggi. Pemanfaatan kanal Youtube Inspect History yang melibatkan media audiovisual dengan bentuk animasi disertai audio sehingga siswa lebih mudah untuk memahami materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media sosial melalui kanal Youtube Inspect History sebagai penguatan minat belajarsejarah kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosobo. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi dengan desain penelitian natural observation (pengamatan natural). Sampel penelitian ini yaitu XI IPS1. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen dan diuji menggunakan uji triangulasi sumber untuk membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda dalam penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan kanal Youtube Inspect History mampu menarik perhatian serta pemahaman siswa dalam memahami materi pelajaran, diketahui dari hasil belajar siswa berupa lisan dan tulisan yang mengalami peningkatan dibandingkan ketika guru menjelaskan di depan yang bersumber dari buku. Pemanfaatan kanal Youtube Inspect History berpengaruh baik terhadap hasil belajar serta suasana kelas yang lebih kondusif sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang baik akan tetapi materi yang dituangkan dalam bentuk video masih perlu dilakukan perbaikan seperti kelengkapan materi serta penyertaan sumber informasi yang digunakan. Saran : 1. Guru dapat mengembangkan kegiatan proses pembelajaran berupa penugasan yang mampu meningkatkan kreativitas dan motivasi belajar siswa 2. Guru melibatkan siswa dalam proses pembelajaran yang tidak hanya berfokus pada upaya pemahaman materi pembelajaran saja. 3. Guru melakukan akses pada situs yang secara tegas menyatakan sebagai materi pembelajaran sesuai kurikulum.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan, Youtube, Inspect History, Minat Belajar Sejarah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 04:07 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 04:07 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65842 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |