PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK, LINGKUNGAN KELUARGA, EFIKASI DIRI AKADEMIK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DENGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
Oktavia Veby Rahmawati, 7101418340 (2023) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK, LINGKUNGAN KELUARGA, EFIKASI DIRI AKADEMIK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DENGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Pada penelitian ini mengambil tema keterampilan berpikir kritris pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNNES. Pada observasi awal dapat dihasilkan bahwa mahasiswa Pendidikan Ekonomi yang memiliki keterampilan berpikir kritis hanya 12 mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kompetensi pedagogik, lingkungan keluarga, efikasi diri akademik terhadap keterampilan berpikir kritis mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNNES dengan kecerdasan interpersonal sebagai variabel mediasi. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2018 UNNES yang masih aktif dan sudah pernah memiliki pengalaman kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) sebanyak 335 mahasiswa. Dari populasi tersebut, diambil sampel sebanyak 182 mahasiswa dengan menggunakan metode proportional random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis desktiptif persentase dan analisis statistik inferensial menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kompetensi pedagogik berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis sebesar 8,8%; (2) lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis sebesar 26,7%; (3) efikasi diri akademik berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis sebesar 2%; (4) kompetensi pedagogik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecerdasan interpersonal sebesar 42,6%; (5) lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecerdasan interpersonal sebesar 35,8%; (6) efikasi diri akademik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecerdasan interpersonal sebesar 18,5%; (7) kecerdasan interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis sebesar 56,1%; (8) kompetensi pedagogik berpengaruh positif dan signifikan memediasi kecerdasan interpersonal terhadap keterampilan berpikir kritis sebesar 23,9%; (9) lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan memediasi kecerdasan interpersonal terhadap keterampilan berpikir kritis sebesar 20,1%; (10) efikasi diri akademik berpengaruh positif dan signifikan memediasi kecerdasan interpersonal terhadap keterampilan berpikir kritis sebesar 10,4%. Simpulan dari penelitian ini adalah dari 10 hipotesis yang diajukan, terdapat 2 (dua) hipotesis yang ditolak dan 8 (delapan) hipotesis yang diterima. Saran kepada mahasiswa yaitu untuk berwirausaha dengan berjulalan secara online di e-commerce, untuk mengikuti pelatihan yang diadakan sekolah, untuk melatih diri dengan membuat video mengajar, peer teaching, dan presentasi. Saran peneliti selanjutnya, diharapkan mampu menganalisis dan meneliti variabel lain yang dapat berpengaruh secara langsung seperti lingkungan teman sebaya, fasilitas belajar atau variabel lainnya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa, Kecerdasan Interpersonal, Kompetensi Pedagogik, Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri Akademik |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 04:01 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 04:01 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65834 |
Actions (login required)
View Item |