Pembelajaran Inovatif dalam Materi Sejarah Indonesia Kontemporer dengan Isu Kontroversi Di Dua SMA (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Boja dan SMA Negeri 2 Kendal)


Hestu Setyaning Ati , 3101407035 (2011) Pembelajaran Inovatif dalam Materi Sejarah Indonesia Kontemporer dengan Isu Kontroversi Di Dua SMA (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Boja dan SMA Negeri 2 Kendal). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembelajaran Inovatif dalam Materi Sejarah Indonesia Kontemporer dengan Isu Kontroversi Di Dua SMA (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Boja dan SMA Negeri 2 Kendal)]
Preview
PDF (Pembelajaran Inovatif dalam Materi Sejarah Indonesia Kontemporer dengan Isu Kontroversi Di Dua SMA (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Boja dan SMA Negeri 2 Kendal)) - Published Version
Download (11MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sejarah Indonesia kontemporer dengan isu kontroversi senantiasa ada dalam pelajaran sejarah, tetapi dalam pelaksanaannya masih belum optimal. Pelaksanaan pembelajaran sejarah dibutuhkan suatu pembaharuan. Salah satu upaya yang dilakukan ialah dengan menerapakan pembelajaran inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) pemahaman guru-guru sejarah mengenai pembelajaran inovatif dalam pembelajaran sejarah Indonesia kontemporer dengan isu kontroversi (2) pelaksanaan pembelajaran inovatif dalam pembelajaran sejarah Indonesia kontemporer dengan isu kontroversi (3) kendala yang ditemui guru pada pelaksanaan pembelajaran inovatif dalam pembelajaran sejarah Indonesia kontemporer dengan isu kontroversi (4) penilaian guru dan peserta didik pada pembelajaran inovatif dalam pembelajaran sejarah Indonesia kontemporer dengan isu kontroversi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus terpancang (embedded research). Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Boja dan SMA Negeri 2 Kendal.Sumber data terdiri atas informan (guru-guru sejarah dan peserta didik), dokumen (silabus, RPP), serta kegiatan pembelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik yaitu (1) wawancara mendalam, (2) pengamatan/observasi, dan (3) kajian dokumen. Validitas data menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemahaman guru terhadap pembelajaran inovatif terwujud secara maksimal karena guru telah memahami konsep pembelajaran inovatif untuk diterapkan dalam pembelajaran sejarah Indonesia kontemporer dengan isu kontroversi agar peserta didik berlatih berpikir kritis dan menjadikan pembelajaran lebih menarik serta bermakna bagi peserta didik, (2) Pelaksanaannya, dengan pembelajaran inovatif yang menerapkan perpaduan metode peserta didik cenderung lebih antusias dalam pembelajaran, (3) kendala yang ditemui dalam hal subjek belajar, metode pembelajaran, media pembelajaran. (4) Guru mengakui dengan pembelajaran inovatif peserta didik menjadi memiliki ketertarikan yang besar ketika diberikan fakta-fakta yang berbeda dengan fakta sejarah yang selama ini diketahuinya. Peserta didik menyukai pembelajaran yang dilakukan oleh guru karena guru kreatif ada variasi pembelajaran (tidak monoton), dan peserta didik berperan aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Inovatif, Sejarah Indonesia Kontemporer dengan Isu Kontrover
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 31 Oct 2011 02:35
Last Modified: 25 Apr 2015 06:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6583

Actions (login required)

View Item View Item