PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF BERBASIS ANYFLIP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMA NEGERI 2 KENDA
Fajar Ariyani, 31011419024 (2023) PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF BERBASIS ANYFLIP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMA NEGERI 2 KENDA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui kebutuhan guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran modul interaktif, (2) mengetahui pengembangan desain media pembelajaran modul interaktif, (3) menguji kelayakan modul interaktif berbasis anyflip. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development, dengan model pengembangan ADDIE. Pengembangan model desain dilakukan dengan 5 tahapan, yaitu Analiysis (Analisa), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: observasi, wawancara, angket, dan analisis dokumen. Hasil analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap pengembangan media modul interaktif diperoleh data bahwa: (1) media yang digunakan oleh guru adalah powerpoint, gambar, dan video. Siswa kurang aktif dan termotivasi dalam belajar, sehingga membutuhkan media pembelajaran yang mampu meningkatkan aktivitas dan mampu mengukur kemampuan siswa, serta membantu siswa untuk dapat belajar secara mandiri sesuai dengan karakteristik cara belajar. (2) Media pembelajaran modul interaktif dikembangkan dengan menggunakan aplikasi anyflip dan menggunakan beberapa media seperti media visual dan audiovisual dengan tujuan untuk memfasilitasi siswa dalam belajar, modul interaktif ini terdiri atas tiga bagian yaitu bagian awal, isi, dan penutup. Desain modul meliputi: cover, identitas modul, kata pengantar, petunjuk penggunaan modul, daftar isi, capaian pembelajaran, indikator dan tujuan pembelajaran, profil pelajar Pancasila, pengantar materi, peta konsep materi, uraian materi, latihan soal, penutup, daftar pustaka, sampul belakang. (3) hasil penilaian produk ini telah mendapat penilaian validasi media sebesar 90,62%, validasi materi sebesar 89,06%, dan ahli praktisi mendapat 96,09%, serta 82,5% dari peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data penilaian dari para ahli dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa modul interaktif yang dikembangkan dengan materi Kehidupan Awal Manusia di Indonesia telah layak dan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media pembelajaran sejarah. Saran yang dapat di berikan adalah: (1) guru hendaknya dapat memilih media pembelajaran sesuai dengan materi yang di ajarkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, (2) guru seharusnya mendapatkan pelatihan dalam pengembangan media pembelajaran yang menarik dan inovatif untuk membantu proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Interaktif, Media Pembelajaran Sejarah, Anyflip |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 03:49 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 03:49 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65824 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |