PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, SARANA DAN PRASARANA, DAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN EFIKASI DIRI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN TAHUN 2022


Shinta Dewi Anggraini, 7101418198 (2023) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, SARANA DAN PRASARANA, DAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN EFIKASI DIRI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN TAHUN 2022. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101418198_Shinta Dewi Anggraini.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Kemandirian belajar adalah kegiatan belajar secara aktif yang didorong dan didasarkan pada inisiatif dan keinginan individu agar dapat mencapai tujuan belajar yang telah ditentukannya tanpa bantuan dari orang lain. Dengan adanya kemandirian belajar pada mahasiswa akan memiliki dampak baik pada kinerja siswa sehingga siswa tersebut dapat mencapai prestasi yang dituju. Namun, hasil angket pada penelitian ini sebanyak 40% mahasiswa belum memiliki sikap kemandirian belajar yang baik. Sehingga mereka harus mampu meningkatkan sikap kemandirian agar tujuan mereka dalam belajar dapat tercapai dengan maksimal. Jenis Penelitian yang digunakan menggunakan penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan dengan angket dan dianalisis menggunakan SEM-PLS. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran tahun 2022 UNNES sebanyak 134 mahasiswa dengan menggunakan seluruh mahasiswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan menggunakan sampling jenuh. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik inferensial dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 7 (tujuh) hipotesis yang diajukan, terdapat 2 (dua) hipotesis yang ditolak dan 5 (lima) hipotesis yang diterima. Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar sebesar 29%, sarana dan prasarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar sebesar 20%, lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar sebesar 28%, efikasi diri berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kemandirian belajar sebesar 10%, motivasi belajar yang dimediasi efikasi diri berpengaruh postif dan tidak signifikan terhadap kemandirian belajar sebesar 12%, sarana dan prasarana yang dimediasi efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar sebesar 40%, dan lingkungan keluarga yang dimediasi efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar sebesar 26%. Simpulan dari penelitian ini adalah 5 hipotesis diterima dan 2 ditolak. Saran yang diajukan adalah diharapkan siswa dapat meningkatkan motivasi belajar untuk dapat menumbuhkan maupun meningkatkan sikap kemandirian belajar yang dimiliki sehingga tujuan belajar yang akan diinginkan dapat tercapai dengan maksimal. Kepada peneliti selanjutnya, diharapkan dapat menganalisis dan meneliti variabel lain yang dapat mempengaruhi kemandirian belajar seperti disiplin belajar, teman sebaya, manajemen waktu dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar, Sarana dan Prasarana, Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Nov 2024 03:40
Last Modified: 25 Nov 2024 03:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65819

Actions (login required)

View Item View Item