ANALISIS KETERAMPILAN 4C (CRITICAL THINKING, CREATIVITY, COMMUNICATION, AND COLLABORATION) DALAM BUKU TEKS SEJARAH INDONESIA KELAS XI SEMESTER 1 KURIKULUM 2013 DI SMA ISLAM TA’ALLUMUL HUDA BUMIAYU
Mar’atus Sholekha, 3101419005 (2023) ANALISIS KETERAMPILAN 4C (CRITICAL THINKING, CREATIVITY, COMMUNICATION, AND COLLABORATION) DALAM BUKU TEKS SEJARAH INDONESIA KELAS XI SEMESTER 1 KURIKULUM 2013 DI SMA ISLAM TA’ALLUMUL HUDA BUMIAYU. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan abad 21 merupakan serangkaian keterampilan atau kecakapan hidup yang perlu dimiliki oleh siswa di abad 21. Dari beberapa keterampilan abad 21, secara lebih mengerucut terdapat empat keterampilan utama yang diimplementasikan dalam Kurikulum 2013. Keterampilan tersebut meliputi 4C, yaitu critical thinking, communication, creativity, dan collaboration. Keterampilan 4C diintegrasikan melalui pembelajaran sejarah, khususnya buku teks sejarah Indonesia. Sehingga tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis keterampilan 4C dalam buku teks Sejarah Indonesia Kelas XI Semester 1 Kurikulum 2013, (2) mengetahui pemanfaatan buku teks Sejarah Indonesia Kelas XI Semester 1 yang memuat keterampilan 4C dalam pembelajaran sejarah di SMA Islam Ta’allumul Huda Bumiayu, dan (3) mengidentifikasi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran dengan buku teks Sejarah Indonesia Kelas XI Semester 1 yang memuat keterampilan 4C. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks Sejarah Indonesia Kelas XI Semester 1 Kurikulum 2013, informan, dokumen, dan aktivitas pembelajaran sejarah di SMA Islam Ta’allumul Huda Bumiayu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui analisis wacana, wawancara, studi dokumen, dan observasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan 4C dalam buku teks Sejarah Indonesia Kelas XI Semester 1 Kurikulum 2013 terdapat dalam pra pembelajaran, materi pelajaran, aktivitas siswa, dan uji kompetensi siswa. Keterampilan 4C tersebut meliputi: 1) critical thinking, dalam bentuk pemecahan masalah dan keterkaitan antarkonsep, khususnya dalam materi kolonialisme dan imperialisme; 2) communication, dalam bentuk tugas lisan maupun tertulis; 3) creativity, dalam bentuk tugas portofolio; dan 4) collaboration, dalam bentuk tugas kelompok, khususnya materi Sumpah Pemuda. Dalam pembelajaran sejarah, buku teks digunakan sebagai salah satu sumber belajar dalam kegiatan siswa yang mengintegrasikan keterampilan 4C seperti diskusi kelompok, tugas portofolio, dan tugas presentasi kelompok. Adapun kendala dalam pemanfaatan buku teks yang memuat keterampilan 4C tersebut adalah jumlah buku teks yang terbatas, faktor guru yang kurang mengintegrasikan keterampilan 4C secara merata dalam pembelajaran sejarah, serta antusiasme siswa yang masih kurang karena tampilan buku teks yang kurang menarik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang dapat diberikan sebagai berikut: 1) jumlah buku teks kurang mencukukupi; 2) pemanfaatan buku teks Sejarah Indonesia yang memuat keterampilan 4C kurang ditekankan oleh guru dalam pembelajaran sejarah; 3) bagi penulis buku agar dapat menyusun tampilan buku teks sejarah yang lebih menarik bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan 4C, Buku Teks Sejarah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 03:39 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 03:39 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65818 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |