PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATERI SEJARAH INDONESIA MASA PERGERAKAN NASIONAL TERHADAP SIKAP PATRIOTISME PESERTA DIDIK KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2022/2023


Artha Prima Pradhana, 3101418082 (2023) PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATERI SEJARAH INDONESIA MASA PERGERAKAN NASIONAL TERHADAP SIKAP PATRIOTISME PESERTA DIDIK KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101418082_Artha Prima Pradhana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pemahaman pembelajaran sejarah masa pergerakan nasional terhadap sikap patriotisme dalam pembelajaran sejarah merupakan hal yang penting untuk dipahami dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui dan menganalisis bagaimana pelaksanaan materi pergerakan nasional Indonesia dalam materi pergerakan nasional di SMA Negeri 2 Wonosobo; (2) Mengetahui dan menganalisis pemahaman peserta didik pada materi pergerakan nasional di SMA Negeri 2 Wonosobo; dan (3) Mengetahui dan menganalisis dampak dari materi pergerakan nasional pada pembentukan sikap patriotisme peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yaitu metode yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek secara alamiah dan dideskripsikan secara rinci berdasarkan penelitian yang dilakukan dimana peneliti menggunakan instrumen kunci dan data yang dikumpulkan dengan teknik Triangulasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah dua orang guru sejarah dan peserta didik SMA Negeri 2 Wonosobo sejumlah limabelas peserta didik kelas XI IPS yang dipilih dengan keterwakilan di setiap kelasnya. Observasi dalam penelitian ini dilakukan dengan mengamati proses pembelajaran sejarah di kelas serta perilaku peserta didik di lingkungan sekolah dan kegiatan yang dilakukan sekolah. Dokumentasi dalam penelitian ini terdiri dari perangkat pembelajaran yang digunakan dan dokumentasi gambar selama penelitian berlangsung Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pelaksanaan pembelajaran sejarah pergerakan nasional yang meliputi seperti penyusunan RPP oleh guru dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran sejarah pergerakan nasional di SMA Negeri 2 Wonosobo sudah berjalan dengan semestinya sehingga peserta didik dapat memahami materi yang diajarkan; (2) Pemahaman peserta didik terhadap materi pergerakan nasional Indonesia memiliki dampak pada pembentukan sikap patriotisme peserta didik; (3) Dampak pembelajaran sejarah pergerakan nasional dalam pembentukan sikap patriotisme pada peserta didik memiliki peran yang besar seperti perubahan sikap, didukung dengan adanya peraturan maupun kegiatan pembiasaan yang dibuat oleh pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Pembelajaran Sejarah, Patriotisme
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Nov 2024 03:37
Last Modified: 25 Nov 2024 03:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65817

Actions (login required)

View Item View Item