PENGARUH SOFT SKILLS, SELF-EFFICACY, DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
Frisca Ayu Sanggradela, 7101418175 (2023) PENGARUH SOFT SKILLS, SELF-EFFICACY, DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Kesiapan kerja merupakan kondisi seseorang baik dari segi fisik maupun mental dalam mempersiapkan diri untuk melakukan suatu pekerjaan baik dalam hal pengetahuan, keterampilan, sikap serta nilai yang diperlukan. Kesiapan kerja dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu tingkat pengangguran di Indonesia yang masih didominasi oleh Sarjana dan Diploma. Hal ini dapat dilihat berdasarkan tracer study mahasiswa di Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh soft skills, self-efficacy, dan dukungan orang tua terhadap kesiapan kerja mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian kausalitas. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang tahun Angkatan 2019 sampai 2022 berjumlah 1.475 mahasiswa dan pengambilan sampel berdasarkan rumus Slovin sebanyak 315 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil analisis data diperoleh persamaan regresi berganda sebagai berikut Y=16,076 + 0,256X1 + 0,283X2 + 0,111X3 + e. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh simultan variabel soft skills, self-efficacy, dan dukungan orang tua terhadap kesiapan kerja sebesar 41,7%. Variabel dengan pengaruh terbesar terhadap kesiapan kerja yaitu variabel soft skills sebesar 14,82%. Variabel self-efficacy sebesar 2,65% dan variabel dukungan orang tua sebesar 2,49%. Simpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan kerja dipengaruhi oleh soft skills, self-efficacy, dan dukungan orang tua. Saran yang dapat diberikan kepada mahasiswa yaitu dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang mampu meningkatkan soft skills, mengusahakan menyelesaikan tugas tepat waktunya dengan membuat daftar tugas sesuai dengan prioritas, tidak menundanya dengan membuat pengingat pengumpulan tugas, serta membuat target penyelesaian tugas, mahasiswa diharapkan mampu meyakinkan orang tua akan masa depan mereka, sehingga mahasiswa akan mendapatkan dukungan orang tua dalam kesiapan kerja mereka.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesiapan Kerja, Soft Skills, Self-Efficacy, Dukungan Orang Tua |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 03:32 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 03:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65815 |
Actions (login required)
View Item |