PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL SEJARAH PERKEMBANGAN KERAJAAN DEMAK SEBAGAI KERAAJAN MARITIM ISLAM DI KELAS XI IPS 1 SMAN 1 MIJEN KABUPATEN DEMAK


Harmoko, 3101418064 (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL SEJARAH PERKEMBANGAN KERAJAAN DEMAK SEBAGAI KERAAJAN MARITIM ISLAM DI KELAS XI IPS 1 SMAN 1 MIJEN KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101418064_Harmoko.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 1 Mijen menemukan bahwa pembelajaran sejarah masih menggunakan buku paket dari sekolah. Berkaiatan dengan pembelajaran sejarah menggunakan metode diskusi, namun ada beberapa kendala dalam pembelajaran seperti keterbatasan bahan ajar, kurangnya minat membaca siswa, serta kurangnya bahan bacaan yang membahas tentang sejarah perkembangan kerajaan Demak sebagai kerajaan maritim Islam secara khusus. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengembangkan bahan ajar sejarah berbentuk modul. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui analisis kebutuhan bahan ajar materi sejarah perkembangan kerajaan Demak sebagai kerajaan maritim Islam (2) Mengetahui pengembangan bahan ajar modul sejarah perkembangan kerajaan Demak sebagai kerajaan maritim Islam (3) Mengetahui kelayakan bahan ajar modul sejarah perkembngan kerajaan Demak sebagai kerajaan maritim Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) tahap I. Dikarenakan adanya keterbatasan waktu dan biaya. Tahapan penelitian ini hanya sampai tahap enam dari sepuluh tahap yaitu, (1) potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Hasil Produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Mijen masih menggunakan buku paket yang diberikan sekolah. Tidak semua siswa mendapatkan buku paket, bahan ajar dari desain kurang menarik dan minimimnya ilustrasi gambar; (2) Pengembangan bahan ajar modul melalui beberapa tahapan dengan baik; (3) Hasil validasi tahap I materi mendapatkan hasil 75,37% dan validasi tahap II materi mendapatkan hasil 87,25%. Hasil validasi tahap I media mendapatkan hasil 81,25% dan validasi tahap II media mendapatkan hasil 94%. Sedangkan dari hasil tanggapan siswa mendapatkan hasil 85,13%. Sehingga modul sejarah perkembangan sejarah kerajaan Demak sebagai kerajaan maritim layak digunakan dalam pembelajaran. Saran untuk penelitian ini adalah, (1) Guru harus dapat mengembangkan bahan ajar sendiri baik itu modul atau bahan ajar lainnnya agar pembelajaran sejarah menjadi menarik dan variatif; (2) Bahan ajar modul sejarah perkembangan kerajaan Demak sebagai kerajaan maritim Islam diharapkan dapat menjadi sumber tambahan dalam pembelajaran; (3) Sebaiknya sekolah menfasilitasi guru yang ingin mengembangkan bahan ajar sendiri dalam memenuhi kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, Modul, Kerajaan Demak
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Nov 2024 03:30
Last Modified: 25 Nov 2024 03:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65812

Actions (login required)

View Item View Item