PENGARUH LlTERASI DlGlTAL, TEACHING FACTORY DAN MOTlVASI KERJA TERHADAP KESlAPAN KERJA SlSWA SMK NEGERI 1 BATANG DI ERA REVOLUSI INDUSTRl 4.0 (Siswa SMK Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran)
Putri Noviani, 7101418130 (2023) PENGARUH LlTERASI DlGlTAL, TEACHING FACTORY DAN MOTlVASI KERJA TERHADAP KESlAPAN KERJA SlSWA SMK NEGERI 1 BATANG DI ERA REVOLUSI INDUSTRl 4.0 (Siswa SMK Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kesiapan kerja di era revolusi 4.0 merupakan kesuluruhan kondisi baik fisik dan mental atau kemampuan siswa menghadapi era revolusi 4.0 yang membuatnya siap untuk menanggapi dan mempraktikan suatu kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan dengan dilandasi kompetensi kerja berupa pengetahuan, ketrampilan dan didukung sikap kerja untuk menyelesaikan atau mengerjakan suatu kegiatan atau usha yang berhubungan dengan pekerjaan secara profesional dimasa yang akan datang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh literasi digital, teaching factory dan motivasi kerja terhadap kesiapan kerja di era revolusi industri 4.0 baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran di Kecamatan Batang yaitu SMK N 1 Batang angkatan 2022-2023 sejumlah 72 siswa. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel dengan semua anggota populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dan metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis regresi berganda serta uji hipotesis. Teknik analisis data dalam penelitian ini dioperasikan dengan program SPSS 21. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa literasi digital dan teaching factory berada pada kategori tinggi, sedangkan motivasi kerja berada dikategori sangat tinggi dan kesiapan kerja berada pada kategori tinggi. Variasi kesiapan kerja siswa SMK N 1 Batang jurusan Bisinis Daring dan Pemasaran secara simultan berpengaruh sebesar 65,7% dapat dijelaskan oleh model regresi, sedangkan 34,3% dijelaskan oleh faktor lain Secara parsial literasi digital berpengaruh sebesar 0,397%, teaching factory berpengaruh sebesar 23,33%, dan motivasi kerja berpengaruh sebesar 9,77% terhadap kesiapan kerja. Berdasarkan penelitan yang telah dilakukan, hasil menunjukkan bahwa secara simultan literasi digital, teaching factory, dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kesiapan kerja di era revolusi industri 4.0. Sedangkan secara parsial literasi digital, teachiing factory, dan motivasi kerja berpengaruh positif terhadap kesiapan kerja di era revolusi industri 4.0. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti dalam meningkatkan kesiapan kerja yaitu dengan mengasah kemampuan literasi digital, menerapkan apa yang telah di ajarkan ketika melaksanakan praktik teaching factory serta meningkatkan motivasi untuk memasuki dunia kerjai era revolusi industri 4.0.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesiapan Kerja, Literasi Digital, Teaching Factory, Motivasi Kerja |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 03:26 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 03:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65808 |
Actions (login required)
View Item |