PERAN BIMBINGAN KARIR DALAM MEMODERASI PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI, DUKUNGAN KELUARGA DAN PENGUASAAN HARD SKILL TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII SMK PANGUDI LUHUR TARCISIUS SEMARANG
Auralie Putri Arysna, 7101418126 (2023) PERAN BIMBINGAN KARIR DALAM MEMODERASI PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI, DUKUNGAN KELUARGA DAN PENGUASAAN HARD SKILL TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII SMK PANGUDI LUHUR TARCISIUS SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pada penelitian ini mengambil tema kesiapan kerja pada siswa kelas XII khususnya di SMK Pangudi Luhur Tarcisius Semarang. Pada observasi awal didapatkan hasil bahwa pada lulusan tahun 2021 terjadi penurunan lulusan yang bekerja sebanyak 3,81% dan sebesar 10,86% masih dalam masa tunggu. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh praktik kerja industri, dukungan keluarga dan penguasaan hard skill terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII SMK PL Tarcisius Semarang dengan bimbingan karir sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan SEM-PLS. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK PL Tarcisius Semarang jurusan OTKP dan AKL berjumlah 132 siswa. Ukuran sampel penelitian ini menggunakan sebanyak 102 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif, dan analisis statistik inferensial menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa dari 7 (tujuh) hipotesis yang diajukan, terdapat 3 (tiga) hipotesis yang ditolak dan 4 (empat) hipotesis yang diterima, dengan rincian sebagai berikut, (1) praktik kerja industri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa sebesar 21,8%, (2) dukungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa sebesar 35,5%, (3) penguasaan hard skill berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa sebesar 25,8%, (4) bimbingan karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa sebesar 16,8%, (5) bimbingan karir berpengaruh positif dan tidak signifikan memoderasi pengaruh praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa sebesar 5,5%, (6) bimbingan karir berpengaruh negatif dan tidak signifikan memoderasi pengaruh dukungan keluarga terhadap kesiapan kerja sebesar 1,3% (7) bimbingan karir berpengaruh negatif dan tidak signifikan memoderasi pengaruh penguasaan hard skill terhadap kesiapan kerja sebesar 1,0%. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari 7 (tujuh) hipotesis yang diajukan, terdapat 3 (tiga) hipotesis yang ditolak dan 4 (empat) hipotesis yang diterima. Saran kepada siswa yaitu agar lebih meningkatkan praktik kerja industri, penguasaan hard skill dan dukungan dari orang tua agar lebih siap terjun ke dunia kerja. Saran peneliti selanjutnya, diharapkan mampu menganalisis dan meneliti variabel lain yang dapat memoderasi kesiapan kerja seperti efikasi diri, motivasi belajar atau variabel lainnya
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesiapan Kerja, Praktik Kerja Industri, Dukungan Keluarga, Penguasaan Hard Skill, Bimbingan Karir |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 03:23 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 03:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65805 |
Actions (login required)
View Item |