KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN PENGELOLAAN BISNIS RITEL


Alya Nabila Noorachma, 7101418123 (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN PENGELOLAAN BISNIS RITEL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101418123_Alya Nabila Noorachma.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil penilitian pendahuluan yang dilakukan peneliti di kelas XII Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) 2 SMK Swadaya Temanggung model pembelajaran yang diterapkan sudah menggunakan metode berkelompok namun dalam pelaksanaannya masih memiliki banyak kelemahan. Hal ini berdampak pada kurang berkembangnya kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran cooperative learning tipe two stay two stray dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII BDP SMK Swadaya Temanggung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini yaitu kelas XII BDP 1 sebagai kelas kontrol dan XII BDP 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan sampel tersebut menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kritis dan angket. Metode analisis data menggunakan uji independent samples t test dan uji n-gain score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) nilai signifikansi uji independent samples t test sebesar 0,029 dimana nilai sig. < 0,05, maka model cooperative learning tipe two stay two stray efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, 2) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan model cooperative learning tipe two stay two stray. Selain itu nilai n�gain score kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Ditinjau dari hasil keterlibatan siswa saat pembelajaran yaitu keterlibatan perilaku, keterlibatan emosional, dan keterlibatan kognitif kelas eksperimen memiliki persentase lebih tinggi daripada kelas kontrol. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran cooperative learning tipe two stay two stray efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII BDP 2 SMK Swadaya Temanggung. Saran yang diberikan yaitu model pembelajaran cooperative learning tipe two stay two stray dapat diterapkan oleh guru sebagai variasi model pembelajaran yang lebih efektif

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Cooperative Learning, Two Stay Two Stray
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Nov 2024 03:16
Last Modified: 25 Nov 2024 03:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65802

Actions (login required)

View Item View Item