PENGARUH KINERJA PEGAWAI, KUALITAS LAYANAN AKADEMIK DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
Fransiska Berliana Sari, 7101418111 (2022) PENGARUH KINERJA PEGAWAI, KUALITAS LAYANAN AKADEMIK DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Perguruan tinggi sebagai suatu lembaga institusi pendidikan penyedia jasa dituntut mampu memberikan pelayanan yang dapat menciptakan kepuasan maksimal bagi mahasiswa. Berdasarkan hasil observasi awal, tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kinerja pegawai, kualitas layanan akademik dan fasilitas di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang masih memerlukan adanya perbaikan dan peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh positif dan signifikan kinerja pegawai, kualitas layanan akademik dan fasilitas terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2018-2021 sebanyak 4.382 mahasiswa dengan sampel 367 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan analisis deskriptif dengan bantuan program IBM SPSS Statistic 25. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi linear berganda yaitu Y = 61,540 + 31,855X1 + 0,281X2 – 1,569X3 + e. Hasil uji secara simultan menghasilkan pengaruh positif dan signifikan antara variabel kinerja pegawai, kualitas layanan akademik dan fasilitas terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang sebesar 47%. Uji parsial menghasilkan pengaruh positif dan signifikan variabel kinerja pegawai sebesar 30,58% dan variabel kualitas layanan akademik sebesar 4,33%. Uji parsial menghasilkan pengaruh negatif dan tidak signifikan variabel fasilitas sebesar 0,16%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh antara kinerja pegawai, kualitas layanan akademik dan fasilitas terhadap kepuasan mahasiswa. Kinerja pegawai dan kualitas layanan akademik secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa sedangkan fasilitas tidak berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa. Saran dari penelitian ini sebaiknya adanya evaluasi terkait akurasi dalam penyelesaian pelayanan, selanjutnya pegawai harus menyelesaikan permintaan pelayanan tepat waktu sesuai dengan waktu yang ditentukan, berikutnya Fakultas Ekonomi dapat memberikan pelayanan dengan cepat, tepat, akurat dan dapat diandalkan sesuai dengan harapan mahasiswa, serta pihak fakultas dapat menjaga dan meningkatkan fasilitas yang diberikan kepada mahasiswa
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Mahasiswa, Kinerja Pegawai, Kualitas Layanan Akademik, Fasilitas |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 03:13 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 03:13 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65800 |
Actions (login required)
View Item |