Peningkatan Proses Pembelajaran Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup di Kelas VIII-F SMP Negeri 1 Kaliwungu Kabupaten Kendal Menggunakan Media Visual


Hadiyatun Nasiroh, 4401404542 (2009) Peningkatan Proses Pembelajaran Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup di Kelas VIII-F SMP Negeri 1 Kaliwungu Kabupaten Kendal Menggunakan Media Visual. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Proses Pembelajaran Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup di Kelas VIII-F SMP Negeri 1 Kaliwungu Kabupaten Kendal Menggunakan Media Visual]
Preview
PDF (Peningkatan Proses Pembelajaran Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup di Kelas VIII-F SMP Negeri 1 Kaliwungu Kabupaten Kendal Menggunakan Media Visual) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup di SMP Negeri 1 Kaliwungu Kabupaten Kendal selama ini belum dapat mengoptimalkan aktivitas siswa. LDS bergambar dan CD pembelajaran pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup merupakan media visual yang dapat membantu memotivasi, menarik dan mengarahkan perhatian siswa, mengingat informasi, membawa kesegaran dan variasi baru bagi pengalaman belajar siswa sehingga tidak bosan dan bersikap aktif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan proses pembelajaran materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup di kelas VIII-F SMP Negeri 1 Kaliwungu Kabupaten Kendal tahun ajaran 2008/2009 setelah menggunakan media visual. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Data dalam penelitian ini adalah data keaktifan siswa, hasil belajar siswa, kinerja guru, tanggapan siswa, dan tanggapan guru terhadap pembelajaran menggunakan media visual. Masing-masing data diambil menggunakan lembar pengamatan siswa, tes tertulis, lembar pengamatan kinerja guru, angket, dan lembar wawancara guru. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan mengacu pada teori-teori yang relevan. Hasil penelitian ini adalah persentase siswa yang aktif secara klasikal meningkat dari 60% pada siklus I menjadi 87,5% pada siklus II. Hasil belajar meningkat ditunjukkan dengan meningkatnya ketuntasan individual dari 60,13 pada siklus I menjadi 70,15 pada siklus II. Ketuntasan klasikal meningkat dari 60% pada siklus I menjadi 82,5% pada siklus II. Kinerja guru pada ke dua siklus sudah tergolong sangat baik. Siswa yang setuju terhadap penggunaan media visual dalam pembelajaran materi pertumbuhan dan perkembangan sudah sangat besar yaitu 94,5% pada siklus I dan 98,25% pada siklus II. Berdasarkan wawancara guru berkeinginan untuk menggunakannya kembali dalam pembelajaran materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup tahun berikutnya, karena media visual dapat membantu mengefektifkan pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini adalah terjadi peningkatan proses pembelajaran materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup di kelas VIII-F SMP Negeri 1 Kaliwungu Kabupaten Kendal tahun ajaran 2008/2009 dengan digunakannya media visual berupa LDS bergambar dan CD pembelajaran sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media visual, proses pembelajaran, pertumbuhan dan perkembangan
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 31 Mar 2011 04:06
Last Modified: 25 Apr 2015 04:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/658

Actions (login required)

View Item View Item