PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL GUNA MENTRANSFORMASI PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA NEGERI 1 KARANGANYAR KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023


Daffa Abdul Farras, 3101418029 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL GUNA MENTRANSFORMASI PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA NEGERI 1 KARANGANYAR KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101418029 - Daffa Abdul Farras.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi dan menganalisis situasi pembelajaran sejarah di kelas X di SMA Negeri 1 Karanganyar, (2) mengembangkan media komik digital untuk mentransformasi pembelajaran sejarah di kelas X di SMA Negeri 1 Karanganyar, dan (3) menganalisis efektivitas media komik digital dalam mentransformasi pembelajaran sejarah di kelas X di SMA Negeri 1 Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau R&D dengan mengikuti model ADDIE. Beberapa tahap yang dilakukan dalam penelitian ini antara lain: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini termasuk wawancara, observasi, studi dokumen, dan angket atau kuesioner. Dalam penelitian ini ditemukan informasi bahwa adanya learning loss pasca pandemi COVID-19 menjadi kendala guru di SMAN 1 Karanganyar. Selain itu, keterbatasan media pembelajaran yang mampu menggugah minat belajar peserta didik dan mampu mentransformasi pembelajaran sejarah di SMAN 1 Karanganyar dengan mendigitalisasi dan mengintegrasikan materi dengan profil Pelajar Pancasila. Sehingga peneliti mengembangkan media komik digital dengan materi asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia yang dapat digunakan guru sejarah sebagai upaya untuk mengatasi learning loss dan mampu mentransformasikan pembelajaran sejarah dengan mendigitalisasi materi dan mengintegrasikan materi sejarah dengan profil Pelajar Pancasila. Komik digital ini mengambil tajuk time traveling, dimana tokoh komik menggunakan mesin waktu untuk kembali ke masa lampau dan belajar mengenai materi sejarah yang sedang dipelajari saat itu. Selain itu, para tokoh di dalam komik berusaha untuk mencerminkan profil Pelajar Pancasila agar dapat menularkan tingkah laku luhur yang sesuai profil Pelajar Pancasila kepada peserta didik. Produk komik digital yang dihasilkan dalam penelitian ini telah melalui validasi dan pengujian dari beberapa ahli. Hasilnya, komik digital yang dikembangkan mendapat penilaian sebesar 77,08% dari ahli materi, 88% dari ahli media, dan 98% dari praktisi. Seluruh penilaian ahli menunjukkan bahwa komik digital yang dikembangkan peneliti masuk dalam kategori baik dan layak digunakan dalam pembelajaran di kelas

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Komik Digital, Transformasi Pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Nov 2024 03:10
Last Modified: 25 Nov 2024 03:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65799

Actions (login required)

View Item View Item