PENGEMBANGAN LKPD TERINTEGRASI ETNOSAINS BATIK DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA PADA MATERI ASAM BASA


FITRI SIAMI, 4301419014 (2023) PENGEMBANGAN LKPD TERINTEGRASI ETNOSAINS BATIK DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA PADA MATERI ASAM BASA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301419014_Fitri Siami.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dari penelitian ini adalah anggapan peserta didik tentang kesulitan dalam memahami materi kimia karena belum dikaitkan dengan nilai kearifan lokal. Hal tersebut dikarenakan guru hanya menggunakan LKPD sederhana dan belum efektif memfasilitasi peserta didik dalam meningkatkan kemampuan literasi kimia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD serta meningkatkan kemampuan literasi kimia peserta didik pada materi asam basa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan alur penelitian Research and Development yang dilakukan mengadopsi pada model pengembangan 4-D yaitu define, design, development, dan dissemination. Kelayakan LKPD dilihat melalui penilaian validator ahli dengan hasil validasi materi sebesar 92,86% dan validasi media sebesar 96,67% dalam kategori “Sangat Layak”. Keefektifan LKPD dilihat dari hasil pretest-posttest peserta didik dengan diperoleh N-Gain sebesar 0,81 dengan kategori tinggi. Hasil analisis literasi kimia peserta didik pada aspek pengetahuan konten, epistemik dan prosedural berturut-turut sebesar 94,30%, 81,39 %, dan 64,45%. Pada aspek konteks dan kompetensi berturut-turut mendapatkan hasil sebesar 84,07%, dan 92,22%. LKPD yang dikembangkan dinyatakan layak oleh ahli dengan perolehan validasi materi dan validasi media dengan kategori sangat layak, dan dinyatakan efektif karena memperoleh nilai N-Gain tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Instrumen Three Tier Diagnostic Test, Multirepresentasi, Miskonsepsi, Rasch Model
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Nov 2024 02:14
Last Modified: 25 Nov 2024 02:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65774

Actions (login required)

View Item View Item