KETERAMPILAN GURU SEJARAH DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA MASA PEMBELAJARAN DARING TAHUN AJARAN 2020/2021 DI SMA NEGERI 2 BATANG


Saiful Amri Pradana, 3101416084 (2022) KETERAMPILAN GURU SEJARAH DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA MASA PEMBELAJARAN DARING TAHUN AJARAN 2020/2021 DI SMA NEGERI 2 BATANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101416084_Dhaimatul Wursitawuri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan pembelajarang daring memanfaatkan teknologi yang dapat dengan mudah menghubungkan pendidik dan siswa serta mengakses informasi dimanapun dan kapanpun. Para pendidik juga di tuntut untuk lebih kreatf dalam memberikan tugas melalui pesan singkat yang dikirimlkan ke grup maupun classroom dengan menggunakan gawai, komputer jinjing, dan komputer yang mungkin sudah di fasilitasi oleh sekolah ataupun milik pribadi. Tujuan penelitian ini yaitu : (1) mengetahui sejauh mana guru mempersiapkan siswanya untuk melaksanakan pembelajaran dari secara optimal dan pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru, (2) mengetahui kreatifitas guru dalam mengembangkan situasi dan kondisi kelas yang optimal agas siswa dapat aktif pada saat pembelajaran sedang berlangsung, (3) mengetahui kesiapan guru dan langkah-langkah yang diambil dalam pencegahan gangguan atau kendala pembelajaran. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Batang. Teknik Pungumpulan data dengan metode purposive sampling. Informan dalam penelitian ini adalah guru sejarah. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik dengan analisis data dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Dalam memaksimalkan pembelajaran daring, guru memanfaatkan forum diskusi atau forum grup yang tersedia pada aplikasi whatsapp; (2) Pengembangan kondisi belajar siswa yang optimal dapat dilakukan dengan mengembangkan keaktifan siswa selama pembelajaran daring berlangsung, seperti membuat pertanyaan-pertanyaan yang disisipkan pada saat pertengahan kegiatan pembelajaran, atau bisa dengan mengembangkan skill editing guru; (3) Dalam menghadapi gangguan dalam pembelajaran daring guru dan juga sekolah selalu mengadakan evaluasi setiap minggunya guna meminimalisir ganggua-gangguan yang akan terjadi pada saat pembelajaran daring. Saran yang diajukan dalam penelitian sebagai berikut : (1) Dalam mempersiapkan pembelajaran dapat menunjuk salah satu siswa sebagai host atau co-host; (2) Menerapkan teknik atau model pembelajaran yang sedikit bisa di selaraskan dengan metode pembelajaran daring; (3) Dalam peranan yang lebih jauh lagi harusnya instansi atau dinas terkait ikut membantu dalam penyelesaian kendala yang ada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan, Pengelolaan, Pembelajaran Daring
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Nov 2024 02:14
Last Modified: 25 Nov 2024 02:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65773

Actions (login required)

View Item View Item