PENERAPAN E-WORKSHEET DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK


Annisa Fitriana, 4001418021 (2023) PENERAPAN E-WORKSHEET DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4001418021_Annisa Fitriana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran abad 21 menuntut peserta didik untuk tidak hanya mahir dalam ranah kognitif tetapi ranah lainnya juga perlu dikembangkan, seperti ranah psikomotorik yang dapat digunakan dalam menyelesaikan permasalahan yang dapat membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan kurang bervariasi dan belum dapat memfasilitasi kemampuan peserta didik dalam pemecahan masalah. Salah satu solusi yang dapat diterapkan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah yaitu menggunakan E-worksheet dengan model Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini antara lain: (1) Mengetahui peningkatan penerapan E-worksheet dengan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah; (2) Mengetahui tanggapan peserta didik terhadap penerapan E-worksheet dengan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Semarang pada kelas VIII dengan VIII F sebagai kelas eksperimen dan VIII A sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi experiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Hipotesis yang dibuat peneliti dapat dijawab dengan analisis menggunakan uji t�test dan N-gain serta analisis angket tanggapan peserta didik dengan menggunakan skala Likert. Data hasil kemampuan pemecahan masalah diambil dengan menggunakan metode tes pilihan ganda. Uji t-test pada data akhir posttest menunjukkan thitung>ttabel sehingga terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil peningkatan kemampuan pemecahan masalah (N-gain) menunjukkan bahwa setelah diberikan perlakuan mengalami peningkatan sebesar 0,603 dengan kategori sedang. Hasil rata-rata persentase tanggapan peserta didik terhadap media E-worksheet dengan model Problem Based Learning yaitu sebesar 77,688% dengan kategori baik. Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan E-worksheet dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-Worksheet, Problem Based Learning, Pemecahan Masalah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Nov 2024 02:06
Last Modified: 25 Nov 2024 02:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65767

Actions (login required)

View Item View Item