ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN EKONOMI DAN BISNIS (Studi Kasus Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Banyumas Tahun Pelajaran 2020/2021)


Dwi Siti Nur Rohmah, 7101417121 (2023) ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN EKONOMI DAN BISNIS (Studi Kasus Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Banyumas Tahun Pelajaran 2020/2021). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101417121  Dwi Siti Nur Rohmah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Analisis butir soal merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui kualitas butir soal. Soal yang digunakan sebagai instrumen penilaian hasil belajar hendaknya memiliki kualitas yang baik agar mampu mengukur tingkat keberhasilan siswa dengan tepat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis adanya indikasi butir soal yang bermasalah dan menyebabkan 59,81% peserta didik memperoleh nilai dibawah KKM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian gabungan (mixed methods) antara metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 107 siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Banyumas. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan teknik dokumentasi dan wawancara. Analisis butir soal kuantitatif dilakukan menggunakan program ANATES V4.0.9. Analisis secara kualitatif dilakukan berdasarkan aspek materi yang memuat substansi keilmuan yang ditanyakan dan tingkat berpikir yang terlibat. Hasil penelitian menunjukan bahwa 30% soal valid dan 70% tidak valid. Koefisien reliabilitasnya sebesar 0,51 yang artinya perangkat tes dikatakan tidak reliabel. Butir soal dengan kategori mudah sebesar 56,67%, sedang 23,3%, dan sukar 20%. Daya beda soal tergolong tidak baik karena 40% berada pada kategori jelek. Distraktor berfungsi dengan baik dengan adanya 61 distraktor (50,8%) yang berfungsi. Berdasarkan tingkat kemampuan berpikir, mayoritas butir soal berkategori LOTS yaitu sebesar 26 soal atau 86,7%. Kategori MOTS terdapat 4 soal atau 13,3% dan kategori HOTS belum ada atau 0%. Kesimpulan penelitian ini adalah perangkat tes tersebut tergolong belum baik karena mayoritas butir soal perlu dibuang 22 soal (73,3%). Kategori soal dilakukan revisi 7 soal (23,3%) dan kategori soal diterima serta disimpan di bank soal hanya 1 soal (3,3%). Saran yang diberikan yaitu perlu dilakukan tindak lanjut terhadap butir soal yang masih tergolong belum baik dengan melakukan revisi atau mengganti dengan butir soal baru

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis butir soal, ANATES V4.0.9, HOTS
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Nov 2024 02:01
Last Modified: 25 Nov 2024 02:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65761

Actions (login required)

View Item View Item