PENGARUH PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PRAKTIK TERHADAP KINERJA PRAKTIK KERJA INDUSTRI MELALUI PRAKTIK UNIT PRODUKSI PADA SISWA SMKN 1 SALATIGA
Muhammad Goenawan, 7101416325 (2021) PENGARUH PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PRAKTIK TERHADAP KINERJA PRAKTIK KERJA INDUSTRI MELALUI PRAKTIK UNIT PRODUKSI PADA SISWA SMKN 1 SALATIGA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kinerja merupakan hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seseorang dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan. Pencapaian kinerja prakerin harus menjadi sesuatu yang prioritas bagi setiap peserta didik untuk mengembangkan dan menciptakan kemampuan yang handal dan siap bersaing di dunia industri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan keterampilan praktik terhadap kinerja prakerin melalui praktik unit produksi pada siswa SMK Negeri 1 Salatiga. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Negeri 1 Salatiga tahun 2020/2021 yang berjumlah 401 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data kuesioner. Teknik pengambilan sampel yaitu probability random sampling dengan sebanyak 123 siswa. Metode analisis adalah analisis statistik deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja prakerin, keterampilan praktik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja prakerin, praktik unit produksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja praktik kerja industri, pengetahuan berpengaruh positif terhadap kinerja prakerin melalui praktik unit produksi, keterampilan praktik berpengaruh positif terhadap kinerja praktik kerja melalui praktik unit produksi. Menunjukkan bahwa praktik unit produksi mediasi kinerja praktik kerja industri. Saran dari penelitian ini bagi sekolah perlu menjalin kerja sama yang baik dan sinergi dengan pihak industri. Bagi guru perlu memberikan bimbingan dan pembinaan secara terus menerus dan berkesinambungan. Bagi pihak Du/Di komunikasi dengan pihak sekolah perlu diintensifkan dalam upaya mengurangi permasalahan yang muncul dari siswa selama kegiatan praktik kerja industri berlangsung.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengetahuan , Keterampilan Praktik, Kinerja Prakerin, Praktik Unit Produksi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 01:58 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 01:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65760 |
Actions (login required)
View Item |